Ganjar Sebut Bansos Dipolitisasi Saat Debat Capres

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo/RMOL
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo/RMOL

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, menjelaskan alasan kenapa sempat menyinggung isu penyaluran bantuan sosial (Bansos) menjelang Pemilu 2024 dalam Debat Kelima Pilpres 2024. 


“Ingin menjelaskan kepada publik karena isu Bansos hari ini menjadi sangat dipolitisasi, klaimnya terjadi di mana-mana seolah-olah itu dari mereka, enggak dong,” tegas Ganjar, usai debat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2).

Menurut Ganjar, anggaran bansos itu berasal dari rakyat. Sehingga rakyat harus tahu bahwa penyalurannya tidak boleh diklaim oleh perseorangan atau kelompok tertentu.

“Musti jelaskan, setidaknya saya pernah di DPR, bagaimana kalau ada kejadian seperti ini mesti ada pengawasan. Nah dalam konteks inilah kami menyuarakan kepada publik agar publik tahu. Sekarang kan ada cerita media bahwa kami kalau survei harus menjawab ini, kalau enggak nanti tidak dikasih bansos?” sesalnya.

“Yang begini kan mesti dijelaskan sehingga publik makin cerdas untuk melakukan pilihan, maka kami tanyakan agar klir gitu ya, kalau kami jawab sendiri kan enggak asyik,” demikian Ganjar.