Apresiasi Debat Capres Terakhir, TKD Jatim: Gagasan Prabowo Konkret Dan  Rasional 

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jawa Timur mengapresiasi gelaran debat calon presiden terakhir, Minggu (4/2/2024). Bagi tim kampanye, Prabowo lebih banyak bicara program dan gagasan serta tak terpancing dengan pertanyaan pada rival.


Sebagaimana diketahui, debat yang diselenggarakan KPU RI tersebut mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

"Beliau memang selalu soft. Semuanya aktif, saling bertanya dan menjawab, saling mendukung, dan ini lebih nampak dalam menyampaikan program dibandingkan debat-debat sebelumnya," kata Ketua TKD Prabowo-Gibran Jatim Boedi Prijosoeprajitno di Surabaya.

Sekalipun membawa ide besar keberlanjutan, Prabowo seringkali menyampaikan sejumlah tantangan yang dihadapi bangsa. Hal ini lantas disertai dengan solusi konkret soal program negara kedepan apabila dipimpin olehnya.

Boedi mencontohkan, persoalan kurangnya tenaga kesehatan yang angkanya, menurut Prabowo, mencapai minus 140 ribu dokter.

"Beliau ada berbagai upaya dan langkah darurat untuk menyelesaikan masalah kekurangan dokter di Indonesia," lanjut Boedi.

Penyelesaiannya di antaranya dengan menyiapkan 300 Fakultas Kedokteraan (FK) baru sehingga menambah jumlah FK yang kini baru sekitar 92 fakultas.

"Saya kira beliau sudah menjawab dengan komprehensif dan lengkap. Bahkan, sangat konkret dalam menjawab persoalan ini," kata mantan birokrat Pemrov Jatim ini.

Dengan suasana debat yang relatif lebih hangat, masyarakat akan semakin antusias untuk mengikuti pemilu secara damai. "Sejak awal, Pak Prabowo selalu menggaungkan kampanye damai, menyenangkan, dan tidak saling menghujat, tidak memfitnah, dan tidak memojokkan. Pak Prabowo konsisten dengan itu," katanya.

Boedi optimis, pasca debat pamungkas tersebut, suara pemilih akan semakin mantap untuk mengarahkan dukungan kepada pihaknya. "Kami sampai saat ini masih sangat optimis Jawa Timur dapat membantu perolehan suara nasional hingga bisa menang sekali putaran," tandasnya.

Sekretaris TKD Prabowo-Gibran Jatim Indra Nur Fauzi menjelaskan hal senada. Menurutnya, Prabowo secara konsisten dalam debat ke debat berikutnya selalu menyampaikan gagasan.

"Pak Prabowo tidak fokus dalam persoalannya, namun bagaimana bicara solusi penyediaan fasilitas kesehatan, puskesmas, RS, hingga pendidikan kedokteran. Beliau solutif," katanya.

"Dalam debat terakhir, beliau konsisten untuk tidak menyerang. Sebaliknya, beliau memilih untuk fokus dalam menjawab persoalan," katanya.