Petani Tebu di Pulau Jawa Siap Menangkan Prabowo–Gibran

Petani Tebu di pesisir Jatim
Petani Tebu di pesisir Jatim

Ratusan petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) menggelar dukungan serentak untuk pasangan capres/ cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024 dalam satu putaran.


Dukungan serentak digelar di berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat, mulai dari Banyuwangi, Lumajang, Jember, Cirebon, Mojokerto, Gresik, Jombang, Pati dan Rembang (Pantura). Deklarasi dilakukan mulai 3 hingga 6 Februari 2024.

Dukungan terhadap Paslon No 2 ini diberikan dipenghujung menjelang pencoblosan setelah mempertimbangkan berbagai hal yang terkait dengan kesejahteraan petani tebu. 

“Saya maupun pengurus APTRI lain mengenal baik Bapak Prabowo sebagai figur yang mudah ditemui dan mau mendengar keluh-kesah petani. Beliau kan pernah menjadi Ketua Umum HKTI pada tahun 2004 – 2009. Jadi wajar jika kami menyalurkan aspirasi kepada Bapak Prabowo,” ujar Ketua Umum DPN APTRI Soemitro Samadikoen, Sabtu, (3/2).

Rifki Alamudi, ketua APTRI Banyuwangi dalam deklarasi tersebut menegaskan bahwa barisan petani tebu Banyuwangi akan menjadi garda terdepan untuk memenangkan pasangan Prabowo – Gibran dalam Pilpres 2024 ini. 

Sekretaris DPD APTRI Jawa Barat, H Ali Majaji, Cirebon (4/2) menambahkan bahwa Prabowo memiliki posisi strategis sebagai Ketua Umum Partai Gerindra. “Dia bosnya, bukan petugas partai. Jadi bisa mengambil kekuatan besar menyangkut nasib petani sebagai pimpinan partai terbesar di Indonesia,” tambahnya.

“Petani merasa lebih dekat secara emosional kepada Capres Prabowo – Gibran karena lama bersama petani dan paham akan masalah pertanian. Kedua, sikap Prabowo – Gibran tegas mendukung dan menempatkan petani sebagai mitra usaha sektor pertanian dan industri. Program Probowo – Gibran untuk lebih kongkrit hal itu dirasakan para petani khususnya petani tebu di Jawa Timur,” jelas Ketua APTRI Jatim, H. Suigsan, MM, Senin (5/2)

Dalam penjelasan tertulisnya, DPN APTRI menyimpulkan bahwa Pak Prabowo adalah politisi yang handal yang merupakan ketua umum dari Partai untuk itu lebih memiliki kemandirian dalam merumuskan dan menentukan kebijakan.

Terkait hal ini APTRI menitipkan Jika Prabowo – Gibran terpilih sebagai pemenang Pemilu 2024 berharap dapat meningkatkan sarana prasarana pertanian, mulai dari ketersediaan bibit yang unggul dan mumpuni.

Ketersediaan Pupuk bersubsidi bagi keseluruhan kebutuhan tanaman tebu. Perbaikan infrastruktur pengairan mulai dari pengerukan embung sampai revitalisasi saluran pengairan sampai di sawah.Perbaikan pabrik gula Milik BUMN atau Pembuatan Pabrik yang baru.

Petani tebu berharap adanya kredit dari perbankan dengan bunga super ringan mulai kredit budidaya tanam, hingga kredit pengamanan gula pada saat panen.

Mengembalikan kejayaan petani tebu Indonesia sehingga mampu menjaga kemampuan pangan khususnya gula hasil pengolahan tebu rakyat Indonesia.

APTRI adalah satu-satunya organisasi petani tebu di Indonesia dengan basis anggota petani pemilik lahan yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Sulawesi dan berbagai daerah di Indonesia.