Heboh Nama-Nama Caleg Jember Bakal Lolos Ke Parlemen, KPU Bilang Begini

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Rekapitulasi penghitungan Surat Suara tingkat kecamatan di Kabupaten Jember, di mulai Minggu ( 18 Februari 2024) pukul 09.00 WIB. Sebelum rekapitulasi dimulai, sudah beredar nama-nama caleg, yang bakal lolos ke parlemen, baik dari DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi hingga DPR RI, di sejumlah group WhatsApp Warga Jember.


Mereka sudah mengklaim perolehan hingga 10 kursi untuk DPRD Kabupaten Jember, 3 kursi untuk Provinsi dan 2 hingga 3 kursi untuk DPR RI. Bahkan mereka, juga menyertakan nama caleg, yang  akan melenggang ke DPRD Jember, DPRD Provinsi Jawa Timur, hingga ke Senayan. Proyeksi kursi partai hasil Pileg DPRD Jember 2024.

1. Gerindra.  10 kursi

2.PKB              9 kursi

3. PDI P.          8 kursi

4. Nasdem.    7 kursi

5. PKS             6 kursi

6. PPP.            4 kursi

7. PAN.           2 Kursi

8 . Golkar       2 kursi

9. Perindo.     1 kursi

10 Demokrat 1 kursi.

Mereka menyatakan sumbernya adalah Si rekap Pemilu 2024. Selain itu ada juga yang mengirim data yang berbeda, meski sumbernya si rekap Pemilu 2024. Proyeksi kursi partai hasil Pileg DPRD Jember 2024. Bahkan ada yang mengirim Tangkapan layar, yang menyertakan nama nama calegnya.

Atas informasi yang sudah bertebaran di group WA warga Jember atau aplikasi pertemanan Facebook, Kordiv tehnis dan penyelenggaraan pemilu KPU Kabupaten Jember, Ahmad Susanto, meluruskan bahwa informasi tersebut, tidak lah valid, dan hanya berdasarkan pada informasi pemilu yang baru beberapa persen saja.

"Ini kan baru rekapitulasi penghitungan suara  ditingkat kecamatan. Otomatis akan pakai data manual, yang dilakukan rekap berjenjang," ucap Susanto, saat mengunjungi rekapitulasi tingkat kecamatan di PPK Mayang, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (18/2).

Dia menjelaskan informasi, yang ada pada info pemilu, lanjut dia, hanya berdasarkan beberapa persen saja. Namun yang digunakan KPU Jember, untuk menentukan caleg yang lolos ke DPRD Jember, menggunakan rekap berjenjang, yang hasilnya sudah mencapai 100 persen. 

"Karena itu, penghitungan ini akan dituntaskan hingga 100 persen," tegas dia. 

Susanto merencanakan Rekapitulasi penghitungan suara 100 persen ini, bakal tuntas dalam waktu 4 hari, sejak hari ini (Minggu, 18/2).