Gus Ipul: Tidak Niat PBNU Gembosi Suara PKB

Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf alis Gus Ipul/Net
Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf alis Gus Ipul/Net

Tudingan sejumlah pihak bahwa Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berupaya menggembosi suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dibantah keras oleh Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf. Sosok yang akrab disapa Gus Ipul ini justru menegaskan PBNU tak punya niat dan upaya melakukan tudingan itu. 


"Tidak ada niat PBNU untuk mengurangi atau menurunkan atau menggembosi suara PKB, sama sekali tidak ada," tegas Gus Ipul yang juga Walikota Pasuruan ini usai meresmikan instalasi kamar operasi di RSUD dr R Soedarsono, Selasa (27/2).

Dia menuturkan, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) merupakan salah satu pendiri PKB. Bahkan Gus Yahya dan keluarganya juga berjuang untuk PKB.

"Bahkan Gus Yahya, Ketua Umum, sering menyampaikan bahwa beliau itu pendiri PKB, keluarganya berjuang untuk PKB, jadi tidak ada sama sekali keinginan untuk itu. Jadi jangan dibolak-balik," tegasnya lagi.

Lanjut Gus Ipul, PBNU hanya mengkritik proses pencalonan presiden dan wakil presiden oleh PKB yang tidak melalui konsultasi dengan pihaknya.

Akibatnya, banyak kiai yang kebingungan dan akhirnya tidak bisa memberikan dukungan.

"Ini yang tidak terjadi. Sehingga kita tahu sekarang di TPS-TPS mayoritas pemilih PKB akhirnya mendukung pasangan nomor 2. Itu fakta. Itulah yang perlu saya tegaskan," tandasnya dimuat Kantor Berita Politik RMOL.