Madiun Kabupaten Pertama di Jatim Gelar Musrenbang 2025, Bahas Kemiskinan dan Pengangguran

Acara Musrebang 2025 kabupaten Madiun di pendopo ronggo Djumeno/ist
Acara Musrebang 2025 kabupaten Madiun di pendopo ronggo Djumeno/ist

Kabupaten Madiun menjadi kabupaten/kota di Jawa Timur yang pertama kali melaksanakan Musyawawarah Perencanaan Pembagunan (Musrenbang) rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) 2025-2045 dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2025 di Pendopo Ronggo Djumeno Caruban kabupaten Madiun Jawa Timur.


Acara Musrenbang kabupaten Madiun ini dihadiri langsung kepala Bappeda Propinsi Jawa Timur Mohammad Yasin. 

Dalam sambutannya ia memberikan selamat kepada pemerintah kabupatean Madiun karena sudah pecah telur sebagai kabupaten pertama di Jawa timur yang sudah melaksanakan Musrenbang. 

“Saya ucapkan selamat kepada kabupaten Madiun yang sudah pecah telur sebagai kabupaten pertama di Jawa Timur yang sudah melaksanakan Musrenbang,” kata Mohammad Yasin dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (29/2).

Yasin juga menambahkan, beberapa sasaran pokok RPJPN dan RPJPD Jawa Timur diantaranya yakni pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengganguran. Lalu peningkatan produktivitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) senyampang kualitas hidup meningkat. Selanjutnya ketimpangan dan kesenjangan antar wilayah untuk sekiranya dapat perhatian.

Sementara itu, Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto mengatakan visi kabupaten Madiun dalam rancangan awal RPJPD dalam 20 tahun kedepan yakni Madiun berdaya saing, maju, sejahtera dan berkelanjutan.

“Perencanaan adalah sebuah literasi yang harus didesain dengan benar, apa yang kita nikmati adalah sebuah karya dari para pendahulu dan apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi pedoman bagi generasi yang kan dating,” ujar Pj Bupati.

Informasi yang dihimpun, pedoman dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode 20 tahun kedepan itu sudah melalui beberapa tahap, yakni konsultasi public RKPD tahun 2025 yang dilaksanakan 29 Januari 2024. Sedangkan RKPD tingkat kecematan yang dilaksanakan pada 31 Januari-5 Februari 2024 serta Forum perangkat daerah yang dilaksanakan 20 Februari 2024.