Jelang Ramadhan Harga Sembako Melambung, Wabub Jember Minta Tingkatkan Operasi Pasar

Gus Firjaun dalam rakor menekan laju inflasi/RMOLJatim
Gus Firjaun dalam rakor menekan laju inflasi/RMOLJatim

Menjelang Ramadhan barang  kebutuhan sembilan pokok (Sembako) mulai merangkak naik. Karena itu Pemkab Jember menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk melaksanakan himbauan yang disampaikan Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat. Hal ini untuk menjaga stabilitas harga selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.


Menurut Wakil Bupati (Wabup) Jember, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, untuk melaksanakan seruan menekan inflasi selama Ramadhan, pihaknya akan meningkatkan operasi pasar. Selain itu, pihaknya juga melakukan pemantauan harga-harga bahan pangan yang ada di semua pasar di Kabupaten Jember.

"Cara yang harus kita dilakukan  adalah dengan mengintensifkan pemantauan dan sinergi pengawasan bersama satgas pangan untuk mengantisipasi adanya penimbunan sehingga bisa berpengaruh kepada kenaikan harga," ucap Gus Firjaun, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (9/3).

Karena itu pihaknya terus melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait, untuk memastikan ketersediaan stok bahan pangan dan juga melakukan upaya peningkatan operasi pasar untuk menekan laju inflasi.

Apalagi ada prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa badai El Nino masih bertahan sampai bulan April 2024. 

Situasi ini akan menuju fase normal pada bulan Mei dan bulan Juni 2024. Sedangkan untuk potensi cuaca sepekan ke depan masih berpotensi hujan yang di prediksi sampai bulan April.

"Himbauan bagi masyarakat Kabupaten Jember selalu waspada terhadap cuaca ekstrem yaitu hujan disertai angin dan petir," harapnya.

Dia juga berharap kepada seluruh OPD dan stakeholder untuk melakukan kerja-kerja dalam rangkan menekan angka inflasi  di Kabupaten Jember. Dengan  memanfaatkan penyerapan APBD tahun 2024 pada OPD masing-masing.