400 Kuota Mudik Gratis Fasilitasi Perantau Banyuwangi di Bali Pulang Kampung

Bus mudik gratis perantau asal Banyuwangi di Bali tahun 2023/Humas Pemkab Bwi
Bus mudik gratis perantau asal Banyuwangi di Bali tahun 2023/Humas Pemkab Bwi

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersama Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Dewata tahun ini menggelar mudik gratis. 400 kuota disediakan bagi perantau asal Banyuwangi di Bali dengan menyediakan 8 bus.


Selain bus untuk penumpang, juga disediakan 2 truk pengangkut kendaraan roda dua milik pemudik. Moda ini diperkirakan dapat mengangkut sekitar 200 motor.

Pemberangkatan mudik gratis ini akan dilaksanakan dari Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Sabtu, 6 April 2024, pukul 08.00 WITA.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, mudik gratis digelar kembali. Bagi para pemudik silahkan manfaatkan fasilitas ini untuk pulang kampung ke Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (19/3).

Plt Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Komang Sudira Atmaja menambahkan pendaftaran mudik gratis dibuka mulai 22 Maret di kantor sekretariat Ikawangi Jalan Pulau Ayu No.199 Denpasar.

Para pendaftar disyaratkan menyerahkan fotocopy KTP, fotocopy STNK kendaraan, serta harus sudah terdaftar sebagai anggota Ikawangi Dewata yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu jika kuota sudah penuh. Silakan mendaftar,” kata Komang.

Selain perantau yang ada di Bali, Komang menyebut pihaknya tengah mengupayakan agar ke depan program mudik gratis juga bisa dinikmati perantau Banyuwangi di kota lainnya.

“Saat ini kita tengah berkoordinasi dengan Ikawangi Jawa Tengah untuk program serupa. Semoga tahun depan kita bisa memfasilitasi lebih banyak lagi perantau yang ingin mudik lebaran,” kata dia. (Adv)