Polisi Amankan Bahan Peledak Mercon di Tiga Lokasi Pamekasan

Kasihumas AKP Sri Sugiarto saat memberi keterangan pada awak media/Ist
Kasihumas AKP Sri Sugiarto saat memberi keterangan pada awak media/Ist

Polres Pamekasan mengamankan bahan peledak dan bahan material mercon berikut dalam Operasi Pekat Semeru 2024 di tiga lokasi, Minggu (24/3).


Hal ini disampaikan Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan melalui Kasihumas AKP Sri Sugiarto, Selasa (26/3).

Menurutnya, penindakan berawal  dari informasi masyarakat bahwa di Kecamatan Larangan dan Kecamatan Kadur ada orang yang membuat petasan.

“Tim segera bergerak ke tiga sasaran lokasi pembuatan petasan  dan melakukan penggerebekan. Tim berhasil mengamankan  terduga pelaku dan barang buktinya,” jelas AKP Sri Sugiarto dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Setidaknya empat orang yanv memiliki bahan pembuatan mercon  diamankan petugas. Mereka adalah warga Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.

Adapun barang bukti yang diamankan berupa selongsong mercon diameter 3.5 cm 165 buah, selongsong mercon diameter 4.5 cm 30 buah, selongsong mercon diameter 10 cm 1 buah, mercon jadi diameter 4.5 cm 5 buah.

Sementara di Dusun Tomang Mate, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, polisi juga mengamankan satu orang yang diduga menyimpan bahan peledak mercon.

Polisi mengamankan barang bukti berupa 1 karung potasium, 1 karung garam belanda, 7 buah kantong plastik berisi sreng dor, 2 buah kantong plastik berisi alumunium powder.

Selain itu juga 1 kantong plastik berisi arang, 1 karung besar berisi selongsong mercon, 1 buah mercon rentengan, dan 1 buah karung berisi kertas.

Di lokasi ketiga atau tepatnya Dusun Lotpolot  Desa Kadur, Kecamatan Kadur, saat digeledah pelaku tidak berada di tempat.

Barang bukti yang diamankan di rumah pelaku berupa mercon bola 36 buah, plastik berisi obat serbuk petasan + sumbu 40 buah, sumbu 11 buah, sumbu kertas 2 kantong plastic.

Selain itu juga benang tambul 2 rol, garam belanda 2 kantong plastik, semen 1 kantong plastik, semen putih 1 kantong plastik dan bungkus mercon yang terbuat dari kertas 987 buah.