Wali Kota Eri Tutup Event Ramadan Vaganza, Dalam Sepekan Capai Rp 500 Juta

Teks foto: Wali Kota Eri menutup event Ramadan Vaganza/ist
Teks foto: Wali Kota Eri menutup event Ramadan Vaganza/ist

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi resmi menutup event Ramadan Vaganza di Halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (31/3) malam. 


Dalam sepekan, sejak 25-31 Maret 2024, total transaksi ekonomi pada gelaran Ramadan Vaganza telah mencapai  Rp500 juta. 

Event Ramadan Vaganza ini bertujuan untuk mempromosikan dan mendukung para pelaku UMKM di Kota Pahlawan.

“Alhamdulillah hari ini adalah hari terakhir dimana Ramadan Vaganza adalah yang pertama kali diadakan di Balai Kota, ternyata sambutan dari masyarakat luar biasa, matur nuwun (terima kasih) untuk Bank Jatim dan Suara Surabaya Media,” kata Wali Kota Eri dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (2/4).

Karenanya, Wali Kota Eri berharap event tersebut dapat kembali diadakan di tahun berikutnya di Balai Kota Surabaya. 

Pemkot Surabaya pun siap memfasilitasi gelaran tersebut.

Menurutnya, melalui Ramadan Vaganza dapat menggerakan UMKM sehingga perekonomian terus berputar.   

“Ini kalau diadakan tahun depan bisa tambah ramai karena orang akan tahu kalau di Balai Kota ada Ramadan Vaganza. Maka dapat  menggerakan UMKM sehingga ekonomi di Kota Surabaya juga berjalan dengan luar biasa,” ujar dia.

Event Ramadan Vaganza ini diikuti oleh 98 UMKM. Bahkan, sejak digelar pada 25-31 Maret 2024, omzet Ramadan Vaganza dalam sepekan telah mencapai Rp 500 juta.

“Hari ini menjadi momen penting bagaimana kita bisa menyatukan, memunculkan, dan menggerakan ekonomi dengan kebersamaan. Omzet yang berputar selama satu pekan ini sebesar Rp 500 juta. Ini bisa kita lakukan lagi di tahun depan dengan konsep yang lebih menarik,” jelasnya.

Di sisi lain, Ramadan Vaganza menghadirkan berbagai macam jenis produk UMKM, mulai dari kuliner, kerajinan, hingga fashion yang dijual dengan harga terjangkau. 

Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara seperti bazar Ramadan UMKM, pasar murah, serta aneka perlombaan. 

Aneka perlombaan itu, di antaranya, musik patrol, dan mewarnai. Ada pula street performance, live music, fashion show, hingga tausiah.

“Selain menjual makanan, tadi juga ada lomba, seperti patrol, fashion show, dan menggambar. Ini menunjukan bahwa Ramadan Vaganza yang diadakan Bank Jatim dan Suara Surabaya di Balai Kota juga memunculkan talenta anak-anak kita di Kota Surabaya,” terangnya.

Wali Kota Eri pun turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah menunjang kegiatan Ramadan Vaganza. 

Ia menegaskan bahwa di tahun berikutnya, Balai Kota Surabaya terbuka untuk gelaran Ramadan Vaganza.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang menunjang acara ini, Insyaallah Balai Kota terbuka untuk mengadakan Ramadan Vaganza di tahun depan sehingga bisa lebih menggerakkan ekonomi,” pungkasnya.