Mudik ke Jember, Megatron Atlet Voli Red Sparks Korea Diundang Bupati Hendy

 Bupati Jember Hendy Siswanto, bersama Megawati Hangestri pertiwi (Megatron) di Pendopo Wahyawibagraha.
 Bupati Jember Hendy Siswanto, bersama Megawati Hangestri pertiwi (Megatron) di Pendopo Wahyawibagraha.

Momentum Modik hari raya Idul Fitri 1445 H./2024 M. dimanfaatkan betul oleh umat Islam, tak terkecuali pevoly putri asal Jember, Megawati Hangestri Pertiwi, yang bermain di Klub Jung Kwan Jang Red Sparks di liga voli Korea. Atlet voli dengan nama julukan Megatron ini, pulang kampung di Jember, beberapa hari yang lalu. 


Mendengar kedatangan atlet voli berjilbab ini, Bupati Jember, H. Hendy Siswanto dan Ketua TP PKK Kabupaten Jember,  Kasih Fajarini, mengundangnya ke Pendopo Wahyawibagraha, Minggu (7/4) kemarin. 

Dengan ditemani ibu dan kakak kandungnya, warga Kecamatan Kaliwates ini, hadir memenuhi undangan Bupati Hendy.

Banyak cerita yang dia disampaikan, hingga dijuluki panggilan oleh publik korea dengan sebutan Megatron. Dia menyampaikan bahwa nama Megatron di Korea adalah salah satu tokoh wanita kuat di film Transformers. 

"Karena spike saya kuat, saya dijuluki sebagai Megatron," ucap Megawati sambil bercanda, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, sesaat lalu.

Tak lupa dia juga menceritakan perbedaan gaya hidup, cuaca dan bermain voli di Korea dan di Indonesia. 

"Di sana lebih dingin dan latihannya lebih keras," katanya.

Namun, ia tetap merindukan Indonesia sebagai tumpah darahnya, khususnya Kabupaten Jember. Karena ia melewati masa kecilnya bermain dan sekolah SD dan SMP di Jember.

"Jember menjadi tempat yang paling dirindukan. Ia terkenang masakan ibunya," terang gadis yang pernah mengenyam pendidikan SDN Jember Kidul dan SMPN 01 Jember ini.

Sebelum menggapai sukses di liga Korea bersama Red Sparks, Mega mengalami sejarah panjang dalam sejarah voli putri di tanah air dan di Asia lain. Gadis bungsu tiga bersaudara ini,  memulai bermain di Klub Bank Jatim, Proliga 2016/2017.  Megawati kemudian dilirik Jakarta Pertamina. Atas prestasinya yang menonjol dia kemudian berhasil masuk Timnas Voli Putri Indonesia untuk SEA Games 2017.

"Prestasi tertingginya di Proliga menjadi runner up bersama Jakarta Pertamina," katanya.

Selain itu, Megawati juga tercatat pernah memperkuat sejumlah klub diluar negeri seperti klub Thailand Supreme Chonburi E Tech dan klub Vietnam Ha Phu Thanh Hoa.

Saat bergabung dengan Red Sparks pada musim 2023/2024, Megawati langsung menjadi sorotan. Dia terpilih dua kali menjadi most valuable player (MVP) dalam dua pertandingan. Mega kemudian meraih penghargaan MVP putaran pertama Liga Voli Korea.

Hingga saat ini, Megawati masih jadi top skor Red Sparks dengan torehan 418 poin, mengungguli pemain asing Red Sparks lain. Yaitu, Giovanna Milana. Jakarta BIN untuk Proliga 2024 klub sementara mengisi kekosongan sebelum melanjutkan ke liga luar negeri.

Bupati Jember, Hendy Siswanto menyambut hangat kehadiran Megawati dan keluarganya di pendopo di pendopo Wahyawibagraha Jember. Apalagi setelah mendengar sepak terjangnya dan prestasi yang mentereng di luar negeri.

"Megawati merupakan warga asli Jember yang sangat bertalenta," puji Bupati Hendy.

Bupati juga berharap kehadiran  Megawati di Jember, menjadi motivasi bagi warga Jember, khususnya di bidang olahraga voli.  Olahraga Jember khususnya voli semakin berkembang dan dapat melahirkannya atlet berbakat seperti Megawati.