Pelaku Pembunuhan Agen BRI Link Gresik Masih Tetangga Korban, Tersangka Utama Buron

Pelaku Asroil diamankan Satreskrim Polres Gresik/Ist
Pelaku Asroil diamankan Satreskrim Polres Gresik/Ist

Satreskrim Polres Gresik akhirnya menangkap satu dari dua pelaku pembunuhan dan perampokan agen BRI Link Wardatun Toyyibah (28) di Desa Ima'an, Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik.


Pelaku yang ditangkap bernama Asroil (40), ternyata masih tetangga korban, Warga Desa Imaan, Kecamatan Dukun. Sementara pelaku utama Ahmad Midholals Hamid als Mitkol als Ramid yang juga tetangga korban, masih kabur dan ditetapkan menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO).

Menurut Kasatreskrim Polres Gresik AKP Aldhino Prima Wirdhan, pelaku Asroil ditangkap di Jombang, Minggu, 7 April lalu. Pelaku Asroil saat perampokan dan pembunuhan berperan memantau lokasi.

"Pelaku Asroil ini bertugas mengamankan HP suami korban dan memantau lokasi," kata AKP Aldhino, Senin (8/4).

Dari hasil kejahatannya merampok dan membunuh ini, pelaku Asroil mendapat uang Rp 8 juta dari pelaku utama Ahmad Midhol. Hasil itu kemudian digunakan pelaku Asroil untuk membeli sabu-sabu.  

Pihak Polres Gresik pun berpesan pada masyarakat jika melihat keberadaan pelaku utama perampokan dan pembunuhan Ahmad Midholals Hamid als Mitkol als Ramid agar segera melapor.  

"Pelaku Ahmad Midhol ciri-ciri tinggi kurang lebih 165cm, Kulit Sawo Matang, Rambut Ikal / Botak. Apabila melihat, menemukan, atau mengetahui harap hubungi 082144778500 Ipda Komang Andhika Kanit Resmob Polres Gresik," ucapnya.

Sebelumnya kasus pembunuhan terhadap ibu rumah tangga (IRT) yang juga agen BRI Link bernama Wardatun Toyyibah terjadi pada Sabtu, 16 Maret 2024 dini hari.

Korban ditemukan tewas dengan sejumlah luka tusuk di leher. Ibu satu anak yang masih balita tersebut diduga menjadi korban pembunuhan dan perampokan, sebab uang senilai Rp 160 juta ikut raib.