Calon Jamaah Haji Tangsel Periksa Kesehatan

Dinas Kesehatan Kota Tangsel melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji di Tandon Ciater, Kecamatan Serpong, Kamis (12/4). Kegiatan ini diikuti 320 calon jamaah haji untuk tahap pertama.


Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji ini berdasarkan Permenkes Nomor: 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jamaah Haji.
 
Penanggung jawab pemeriksaan kesehatan calon haji, Pipin Zaenal Muttaqin mengatakan, pemeriksaan kesehatan penting bagi para jamaah haji untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka untuk mencapai istithaah (penetapan layak kesehatan) jamaah haji.

Jika istithaah kesehatan haji telah tercapai atau memenuhi persyaratan, maka jamaah haji akan memiliki kesehatan optimal dan kondisi fisik yang prima,baik sebelum keberangkatan dan selama berada di tanah suci hingga kembali ke tanah air,” ujarnya.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji ini sangat penting agar dapat diketahui tingkat kebugaran maupun kesehatan fisiknya,  sehingga saat nanti akan melakukan ibadah haji sudah siap semua.

"Hasil pemeriksaan kesehatan ini bisa diambil di Puskesmas terdekat dengan domisili calon jamaah haji," tandasnya.