Wabub Sidoarjo Ingin Dana Desa Bisa Bantu Kemajuan PAUD

Untuk mewujudkan kualitas PAUD di Kabupaten Sidoarjo lebih baik lagi, Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin berharap semua pihak saling mendukung. Salah satunya dukungan dari pemerintah desa.


Menurutnya, anggaran desa dapat dipergunakan bagi kemajuan PAUD yang ada didesa. Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri Sosialisasi Peraturan Bupati Sidoarjo No. 50 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI)  di aula Delta Graha, Kamis (5/3).

Nur Ahmad mengatakan, dana desa memungkinkan untuk mendukung keberadaan PAUD. APBDes dapat di plotting atau direncanakan untuk kegiatan pendidikan semisal PAUD. Oleh karenanya diharapkan terjadi kerjasama yang baik antara pengurus PAUD dengan pemerintah desa.

“Anggaran dari APBDes baik dari pusat ataupun dari kabupaten, ADD itu yang bisa di plotting untuk kegiatan yang ada dilembaga pendidikan ibu-ibu, tinggal komunikasinya yang baik,” ucapnya.

Wabup mengatakan, secara regulasi, APBDes memungkinkan untuk dipergunakan membantu PAUD. Tinggal komunikasi yang baik yang harus dilakukan. Ada sinergi bersama mewujudkan lembaga pendidikan dapat berjalan lebih baik lagi.

Menurutnya pemerintah desa tidak akan rugi membantu keberadaan lembaga pendidikan seperti PAUD. Pasalnya manfaatnya sangat besar dalam mencetak generasi yang akan datang. 
Dikatakannya keberadaan lembaga PAUD sangat diperlukan. Pendidikan dimasa usia emas sangat menentukan pendidikan di masa mendatang. Dirinya mengatakan sejak dini, anak harus lebih banyak diajarkan dengan kebiasaan yang baik.

Hal tersebut dapat dimulai dari PAUD. Aktivitas-aktivitas yang baik harus selalu diajarkan agar menjadi kebiasaan dimasa mendatang.

“Pada akhirnya anak-anak akan lebih condong kepada sesuatu yang positif yang bermanfaat untuk cita-citanya mendatang,”ucapnya.

Wabup juga menyakini apabila penanganan anak-anak berjalan baik, maka perkembangan pendidikan anak-anak juga dapat berjalan baik. Dikatakannya untuk menciptakan keadaan yang lebih baik dimasa datang, kuncinya adalah mempersiapkan generasi saat ini.

Apalagi perkembangan teknologi saat ini yang sangat luar biasa. Masih dikatakan Wabup bahwa generasi hebat dilahirkan dalam keluarga dan lembaga pendidikan yang hebat.

Menurutnya generasi hebat adalah generasi yang tidak hanya memiliki intelektual yang luar biasa saja. Tetapi generasi yang juga memilki spiritual yang baik. 

Untuk dirinya meminta sejak kecil anak-anak tidak hanya dilatih untuk memiliki intelektual yang baik. Namun juga dilatih akhlak yang mapan.  Kedua-keduanya harus dipersiapkan sedari dini. Menurutnya generasi seperti inilah generasi yang ditunggu-tunggu sekarang ini. Dengan generasi seperti ini akan dapat menjawab permasalahan yang ada. 

“Dimulai dari PAUD ini kita akan menyiapkan generasi-generasi yang akan datang, yang siap menerima estafet kepemimpinan yang akan datang,” ucapnya.