Terima Beras Satu Ton, KSDR Berharap Harga di Pasar Semolowaru Bisa Stabil

Beras satu ton dari Pemkot Surabaya
Beras satu ton dari Pemkot Surabaya

Koperasi Semolowaru Dadi Rukun (KSDR) menerima 1 ton beras dari Pemkot Surabaya untuk mensukseskan operasi pasar murah guna menekan kenaikan harga beras di pasar Semolowaru. Rabu (20/9/2023).


Ketua KSDR Priya Aji Pambudi menjelaskan, pasar Semolowaru telah tiga kali ini menerima gelontoran beras murah dari Pemkot Surabaya, dan tiap pengiriman pihaknya menerima sekitar 1 ton beras.

"Kegiatan dari Pemkot ini sendiri lebih bagus dan disambut antusias oleh para pedagang terutama untuk UMKMnya," ujar Priya.

Pria yang akrab disapa Yayok ini menerangkan, beras murah kemasan 5 kilogram dari Pemkot Surabaya yang dijual Rp. 54 ribu diharapkan dapat menstabilkan harga beras saat ini yang dilepas ke konsumen dengan rentang harga Rp. 70.000 per 5 Kg.

"Jadi pedagang di sini sangat suka sekali karena harganya relatif murah beras dari bulog ini," terangnya.

Dari pantauan media ini, 1 ton beras murah yang dimuat dengan truk Satpol PP Kota Surabaya langsung disalurkan KSDR ke puluhan pedagang sembako pasar Semolowaru. Hal ini merupakan langkah Yayok dan jajaran pengurus KSDR mengayomi para pedagangnya. Karena sejak dua minggu lalu jumlah pembelian beras menurun karena kenaikan harga.

"Harga beras biasa naik sekitar 20 persen kalau nggak salah, makanya sambat ke pemerintah kota gimana caranya untuk bisa memberikan harga sembako yang relatif murah kepada para pedagang," tegas Yayok.

Salah satu pedagang pasar Semolowaru seperti Mimik Cariasih merasa senang adanya gelontoran beras murah ini karena bisa  meningkatkan penjualannya. Karena dia mengalami ketika menjual beras premium tingkat penjualannya menurun sekitar 25 persen.

"Sekarang banyak yang pindah ke beras (murah) ini mas, sebelumnya dilihat dulu barangnya bagus apa nggak ternyata barang yang datang bagus. Sebelumnya ada penurunan kira-kira 25 persen," terangnya.

KSDR mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi karena telah memperhatikan pedagang pasar Semolowaru dengan memberikan sembako murah untuk menjaga stabilitas harga sembilan bahan pokok.