Kabar Wafatnya Ketua MUI Jatim Ternyata Hoaks

Ketua MUI Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah/Net
Ketua MUI Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah/Net

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah dikabarkan wafat. Namun, kabar tersebut ternyata hoaks.


Kabar tersebut sudah menyebar di media sosial (medsos) seperti, WhatsApp Grup (WAG) dan Facebook (FB) serta Telegram. Akan tetapi, dengan sigap pihak MUI Jatim dan Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Kabupaten Probolinggo langsung mengeluarkan maklumat menanggapi kabar itu.

Melalui pesan singkat dari MUI Jatim, berkaitan dengan pesan berantai menyangkut al-mukarram KH Mutawakkil Alallah, pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong dan Ketua Umum MUI Jawa Timur, bersama ini menyampaikan bahwa informasi berantai di atas adalah hoax dan termasuk berita palsu, dan karena itu menyesatkan sekali.

“Beliau seharian berkomunikasi dg kami, dan tercatat pada 12:35 WIB beliau juga dalam komunikasi dg kami dalam keadaan sehat sama sekali. ‘Ndak apa apa (diberitakan begitu). Moga saya diberi umur panjang oleh Allah’, begitu jawab beliau saat kami mangabarkan pesan berantai nan palsu di atas,” terang Sekretaris Umum MUI Jatim, Akh. Muzakki dalam keterangan tertulis yang dikirim ke redaksi, Senin (22/2).

Kabar tersebut juga ditepis pihak pesantren. Sekretaris Pesantren Genggong, Taufiq Hidayat mengatakan, saat ini kondisi pengasuh Pesantren Genggong itu baik-baik saja.

Alhamdulillah, Kiai (KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah) masih sehat-sehat saja dan sekarang ada di dalem (rumah) utara,” pungkasnya.