OPD Jember Diharapkan Susun RPJMD Sesuai Aturan Main Pengelolaan APBD 2021

Kegiatan apel ASN  di halaman Kantor Pemkab Jember/RMOLJatim
Kegiatan apel ASN di halaman Kantor Pemkab Jember/RMOLJatim

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan menindaklanjuti rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) setelah disahkannya APBD 2021.


Demikian Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Perekonomian, dan Keuangan, Edy Budi Susilo saat apel di depan Kantor Bupati Jember, jalan Sudarman, Senin (24/5).

“Saya berharap setiap OPD betul-betul memedomani terkait dengan aturan main pengelolaan APBD 2021 termasuk kaitan pengadaan barang dan jasa," terang Edy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Dia juga mengingatkan perlunya ketelitian dan kehati-hatian,  walaupun sebelumnya memiliki pengalaman dalam penyusunan. Sebab, ada beberapa aturan yang terbaru, Sehingga harus ada penyesuaian.

“Ini perlu kecermatan dan juga kehati-hatian tetapi juga perlu keberanian dan semangat kebersamaan untuk mengeksekusi seluruh dokumen, yang sudah kita buat dalam APBD,” jelasnya.

Selain itu Edy menjelaskan bahwa saat ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),  sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Oleh karena itu, dia mendorong semua OPD memberikan dukungan data dan informasi yang dibutuhkan oleh Bappeda. 

"Kita sama-sama tahu bahwa Bappeda saat ini, betul-betul bekerja keras menyiapkan penyusunan itu semua," tutur Edy, yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.

Dia menerangkan, bahwa dokumen RPJMD menjadi payung besar dalam melaksanakan dokumen-dokumen selanjutnya, seperti halnya Rencana Strategi (Renstra), Rencana Kerja (Renja), dan lain sebagainya.

"Dengan melaksanakan semua itu dengan baik, berarti  kita juga mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” tandasnya.

Apel tersebut diikuti para ASN dan Non ASN di lingkungan kantor Pemkab Jember. Baik Sekretariat, Bappekab, BPKAD, Inspektorat, Satpol PP, BKPSDM, Dispora, PTSP, Disnaker, Dishub dan Diskominfo.

Selain itu ikut hadir Staf Ahli Bupati Jember lainnya,  Asisten, Inspektur, Kepala Satpol-PP, Sekretaris DPRD, Direktur RSD dr Soebandi, RSD Kalisat dan RSD Balung.