Empat Perusahaan di Surabaya Berkolaborasi Gelar Donor Plasma Konvalesen

Kegiatan donor plasma Konvalesen di Surabaya
Kegiatan donor plasma Konvalesen di Surabaya

Banyak pihak terus berupaya membantu PMI Kota Surabaya untuk menjaga ketersediaan stok darah plasma konvalesen. Kali ini beberapa perusahaan menggandeng PMI Kota Surabaya untuk mengelar bantuan dinor tersebut.


Kabag pelayanan humas PMI Kota Surabaya, Martono Adi Triyo mengatakan, selama hampir 2 tahun pandemi Covid-19, pihaknya telah menyalurkan sekitar 13 ribu kantong plasma darah dari berbagai golongan darah. Dan sampai saat ini tersedia sekitar 35 kantong plasma darah.

“Dan mungkin hari ini kita ada stok, walaupun tidak banyak mungkin masing-masing golongan kurang lebih sekitar 35 sampai 40 dari masing-masing golongan darah,” kata Martono, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, saat di acara screening donor darah plasma konvalesen di PT. Rembaka Berbek Industri. Sabtu (7/8).

Martono melanjutkan, untuk pasien Covid-19 di Surabaya tidak perlu khawatir akan darah plasma konvalesen, karena stoknya masih tersedia asalkan tidak terjadi lagi lonjakan kasus Covid-19. 

Namun, dirinya mengapresiasi semua pihak termasuk PT. Rembaka, PT. Surya Detmato Medica Lab, PT. Eskol Surya Anugerah dan PT. SKS yang membantu memasok plasma darah.

“Sampai kemarin antrian untuk Kota Surabaya sudah tidak ada, tapi untuk luar kota masih ada sekitar 125 pasien yang belum kita layani. Jadi mungkin untuk permintaan plasma konvalesen untuk hari ini maupun seterusnya, saya rasa tidak perlu khawatir bagi warga Kota Surabaya karena kita memang ada stok, dan ditambah lagi kegiatan donor plasma maupun donor darah itu lebih baik,” tambahnya.

Sementara Wakil Direktur PT Rembaka, Johanes Tangguh menjelaskan, pihaknya melihat PMI sangat membutuhkan darah plasma konvalesen, sehingga perusahaannya mengajak seluruh direksi dan karyawannya mengikuti screening plasma konvalesen bagi penyintas  Covid-19. Dan yang belum pernah terkena Covid-19, diarahkan donor darah biasa.

“Karyawan kita kumpulkan siapa yang mau ikut donor, karena PMI saat ini kan sangat butuh darah dan plasma konvalesen,” ujar Johanes.

Kegiatan donor plasma ini diikuti sekitar 101 orang dari keseluruhan karyawan dan direksi PT. Rembaka, PT. Surya Dermato Medica Lab, PT. Eskol Surya Anugerah, PT. SKS dan diharapkan dari jumlah tersebut dapat terkumpul 25 kantong darah plasma.“Nanti itu tergantung juga dari screeningnya,” tegasnya.

Salah seorang peserta dinor, yakni Eka Rahmat Setiadi yang juga penyintas Covid-19 berniat mendonorkan plasma darahnya karena ingin membantu pasien yang sedang berjuang sembuh dari virus corona. Karena hal ini sangat penting sekali untuk dilakukannya.

“Donor plasma ini penting sekali karena  dibutuhkan, supaya orang-orang itu yang kena bisa sembuh, saling membantulah. Jadi, saya pesan orang-orang yang pernah kena Covid  dan sudah sembuh, supaya mendonorkan  plasmanya pada yang membutuhkan,” sambung Kuncoro Tanudirjo selaku Direktur e PT. Surya Dermato Medica Laboratories.