Pasien Sembuh Tembus 9 Ribu Orang, RSLI Wisuda Penyitas Covid-19

Prosesi wisudawan penyitas Covid-19 di RSLI digelar secara sederhana/Ist
Prosesi wisudawan penyitas Covid-19 di RSLI digelar secara sederhana/Ist

Menjelang Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (7/8) Rumah Sakit lapangan Indrapura (RSLI) menyelenggarakan wisuda penyintas Covid-19 ke 404 dengan jumlah wisudawan sebanyak 31 orang.


Dengan demikian, jumlah pasien yang  sembuh di RSLI sudah tembus diangka 9000 orang, tepatnya 9006 penyitas Covid-19.

Acara peringatan wisuda penyintas ke-9000 ini dilakukan secara sederhana di depan baliho wisuda RSLI, difasilitasi oleh Sita Pramesthi, koordinator Support & Educatiorn PPKPC-RSLI.

Pihak RSLI yang diwakili dr Dennis Aditya dan dr Lucyana Ayuningtyas memberikan ucapan selamat kepada para penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh.

"Secara medis wisudawan sudah melewati masa penyembuhan dan 90 persen virus sudah mati, sehingga potensi menularkan sudah sangat minim," kata dr Dennis dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim. 

Para penyitas Covid-19 ini, masih dr Dennis, merupakan saksi hidup yang pernah merasakan covid. Untuk itu, ia meminta agar wisudawan untuk saling mengingatkan dan mengedukasi melakukan protokol kesehatan. 

"Peran mayarakat sangat diperlukan dalam hal tersebut. Para medis atau nakes saja tidak akan cukup untuk mengedukasi masyarakat. Partisipasi dari para penyintas sangat penting untuk membantu dan saling mendukung mengatasi Covid-19," ujarnya. 

Terpisah, Moesrini Kurniawati (41), salah seorang penyintas ke-9000 yang diwisuda hari ini mengapresiasi atas pelayanan yang telah diberikan RSLI hingga dirinya bisa sembuh dari Covid-19 

"Saya benar-benar diperhatikan. Selama di dalam RSLI kami selalu mendapatkan bimbingan dan semangat untuk sembuh. Di sana ditekankan tentang hal penting untuk tetap semangat, tidak stress supaya imun tidak turun," ungkapnya. 

“Untuk semua yang bertugas di rumah sakit, saya ucapkan terima kasih, sehat selalu” pungkas Moesrini.

Sementara, Ketua Pelaksanan PPKPC-RSLI, Radian Jadid mengatakan, hingga saat ini RSLI telah melayani 9712 pasien yang masuk sejak pertama kali dibuka akhir Mei 2020. 

"Saat ini sudah berhasil menyembuhkan 9007 pasien melalui 404 kali wisuda," terangnya.

Sedangkan pasien yang masih dirawat setelah wisuda, terang Radian, sejumlah 246 dan dengan kapasitas 410 bed.

"Jumlah ini mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan pertengahan Juli yang sempat mencapai angka 98 persen," ungkapnya 

"Jumlah yang inden sudah tidak ada lagi, sangat kontras  dengan tiga minggu sebelumnya yang sempat mencapai angka 233 orang inden, antri masuk RSLI," pungkas Jadid, sapaan akrabnya