Pandemi, Seniman Di Bondowoso Dapat Bantuan Peralatan Dari Disparpora

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Pelaku seni Bondowoso terdampak Pandemi Covid-19 mendapat angin segar dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Jum'at (20/8).


Bantuan peralatan berupa seperangkat alat musik burdah dan seperangkat alat musik band kepada dua pelaku seni diserahkan langsung oleh Mulyadi, Kepala Disparpora Bondowoso.

" Ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku seni budaya dan pengamanan pariwisata kepada Polisi Pariwisata (Polpar) dari Polres Bondowoso," ujar Mulyadi dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Mulyadi menambahkan, program tersebut sifatnya hanya stimulan saja. Selanjutnya, segala sesuatu mungkin ada kekurangan bisa dipenuhi sendiri oleh kelompok seni budaya masing-masing.

Tak hanya memberikan bantuan, pihaknya menyebut akan meningkatkan SDM kepada para pelaku seni budaya di Bondowoso. "Namun tetap akan menyesuaikan kemampuan anggaran yangvada," urai mantan Direktur PDAM tersebut.

Lebih lanjut, ia mengemukakan, bahwa seni budaya harus tetap didukung sepenuhnya agar dapat berjalan seimbang dengan jenis pariwisata Sumber Daya Alam (SDA) yang ada. 

"Agar keduanya dapat memberikan kontribusi besar bagi berlangsungnya pariwisata di Kota Tape," tandasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi 1 DPRD Bondowoso, Muhammad Irsan Marwanda Bachtiar mengatakan, bantuan peralatan merupakan salah satu bentuk pemberdayaan, peningkatan kemampuan dan kreatifitas pelaku seni.

" Harapannya para teman-teman bisa lebih maksimal penampilannya," ujar putra Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat tersebut.

Ia berharap, bantuan itu menjadi program rutin tiap tahun. Apalagi di masa pandemi, dinas terkait untuk lebih mempertahankannya, agar dapat menambah semangat bagi para pelaku seni.

" Sebelum Covid-19, kenapa ada bantuan intinya karena keterbatasan alat. Seperti hadrah mungkin rebananya kurang. Untuk grup musik ada sound systemnya kurang. Itu yang menjadi keluhan," tutupnya.