Manfaatkan Pekarangan Sekolah Kosong, Tenaga Pendidik Di Kediri Nyambi Ternak Lele

Tenaga Pendidik Beri Makan Ikan Lele
Tenaga Pendidik Beri Makan Ikan Lele

Selama Masa Pandemi, pembelajaran dilakukan dengan sistem daring. Sehingga, tenaga pendidik setelah melakukan pembelajaran daring, banyak waktu kosong.


Ternyata, waktu kosong tersebut digunakan para tenaga pendidik SDN Pesantren 2 Kota Kediri, untuk beternak ikan lele dilingkungan sekolah. 

Sumiyatun, Kepala Sekolah SDN Pesantren 2 Kota Kediri mengatakan, bahwa ide ini berawal sejak diberlakukannya pembelajaran secara daring pada awal tahun lalu. Waktu luang disela-sela pembelajaran daring dimanfaatkan untuk beternak lele. 

Dengan harapan, setelah siswa masuk sekolah kembali, para tenaga pendidik bisa mengenalkan siswa tentang beternak ikan lele. 

"Memang disela-sela pembelajaran daring, kita membuat kolam untuk beternak ikan lele. Hasilnya kemarin kita sudah panen dan kita berikan pada warga sekitar dan wali murid yang terdampak covid 19. Selain itu, saat siswa nanti sudah masuk pembelajaran tatap muka, maka akan kita kenalkan cara beternak ikan lele untuk mengenal alam," Kata Sumiyatun Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Rabu (22/9). 

Sumiatun menambahkan, kolam ikan lele dengan ukuran 8 X 2 tersebut, berisi 6000 Ikan lele. Kemudian, telah dipanen sebanyak 3000 ikan. Hasil panen ikan lele, dibagikan pada masyarakat, dan wali murid, terutama yang terdampak pada pandemi.

Menurut Sumiyatun, sejak awal ditabur sekitar 10.000 benih ikan lele mulai tahun lalu. Hingga saat ini pihaknya telah memanen sebanyak empat kali. 

Disamping dibagikan kepada masyarakat, sebagian hasil panen lainnya dijual dengan harga yang relatif lebih terjangkau daripada harga pasaran, untuk kemudian dari hasil penjualan digunakan untuk membeli benih ikan lele kembali.