Kunjungan ke Bojonegoro, Wantimpres Minta Segala Sektor Usaha Melek Perkembangan Digital

Kunjungan Wantimpres di Bojonegoro
Kunjungan Wantimpres di Bojonegoro

Wakil Bupati Bojonegoro, H. Budi Irawanto, bersama Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI,  H. Soekarwo, mengunjungi Koperasi Kareb Bojonegoro. 


Dalam acara HUT Koperasi Kareb ke-45 tahun dan penyerahan bantuan kepada desa dan anak yatim tepatnya di unit MPS di Jalan Jendral Ahmad Yani No.9, Kalianyar, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro.(6/10)

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bojonegoro atau Mas wawan sapaan akrabnya, menyampaikan dalam kondisi seperti ini industri padat karya yang membantu perkonomian rakyat, sehingga kita wajib mengapresiasi Koperasi Karep yang mempu berjalan dalam situasi pandemi. 

"Pemerintah perlu hadir dan berjalan bersama agar industri padat karya ini tetap berjalan dan bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak. Saya selaku pribadi dan pemerintah sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat ulang tahun ke-45 Koperasi Karep," ucap Mas Wawan dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (6/10)

Sementara itu, Dewan Pertimbangan Presiden  H. Soekarwo, menyampaikan dalam mengelola koperasi industri padat karya tujuannya adalah kesejahteraan untuk membatu pekerja dan keluarganya, karena yang bekerja di sini semuanya perempuan. 

"Ekonomi adil dan makmur semoga benar benar bisa dirasakan secara nyata dan bisa saling menguntungkan antara perusahaan dan pekerja, " kata mantan Gubernur Jawa Timur itu.

Menurutnya, produksi rokok SKT ini merupakan padat karya yang membutuhkan banyak tenaga kerja. Ongkos produksi untuk rokok SKT tinggi, jadi sebaiknya pemerintah tidak menaikan cukai rokok SKT. Jika menggunakan mesin pasti lebih efisien dan  keuntungan besar maka cukai ada kenaikan wajar. Sehingga harus dibedakan antara industri padat karya dengan menggunakan mesin. 

Ia berharap industri padat karya ini terus dibantu dan dipertahankan kelangsungannya kerena merupakan penopang ekonomi bagi masyarakat. 

Pakde Karwo, sapaan akrabnya berpesan, saat ini harus berinovasi dan perubahan sosial telah terjadi yaitu dunia digital, sehingga kita di tuntut untuk bisa berdampingan dan menggunakan teknologi digital.

Sementara itu, Direktur utama Koperasi Kareb Bojonegoro Sriyadi Purnomo,  menyampaikan terima kasih banyak atas kunjungan Wakil Bupati dan Wantimpres berserta rombongan dan Forpimda Bojonegoro.