Pandemi, ASN Pemkot Kediri Borong Sayur Untuk Bantu Petani

Ketua TP PKK Kota Kediri, Saat Bagikan Sayuran Pada Masyarakat
Ketua TP PKK Kota Kediri, Saat Bagikan Sayuran Pada Masyarakat

Aksi Borong sayur sayuran dan telur disaat harganya sedang jatuh, terus dilakukan oleh ASN Pemerintah Kota Kediri. Hasil dari aksi borong ini kemudian dibagikan pada warga yang membutuhkan, terutama warga yang bekerja di sekitar TPA Klotok Kota Kediri.


Meski lahan pertanian di Kota Kediri terbatas, petani di Kota Kediri tetap mendapat perhatian. Bahkan, ketika harga beberapa komoditas anjlok, ASN Kota Kediri ramai-ramai memborong hasil panen. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Muhammad Ridwan mengatakan, ASN urunan dan membeli sayuran hasil panen langsung dari lahan petani, berupa terong, tomat, telur, karena beberapa komoditas ini harganya anjlok di pasaran. Untuk sayur dibeli dari petani di Kelurahan Banjar Mlati, sebanyak 1,5 kwintal. Selain itu, juga membeli telur dari peternak di Kelurahan Ngletih serta tomat dari petani di Kelurahan Manisrenggo. 

Sementara itu, ketua tim penggerak PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mendukung penuh dan ikut memanen hasil pertanian berupa sayur-sayuran. Hasil dari membeli ini kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan, terutama warga yang bekerja di sekitar TPA Klotok Kota Kediri. 

"Kita mendukung penuh kegiatan di Dinas Pertanian, yang telah membantu para petani untuk dibeli sayurnya. Setelah itu, sayurnya diberikan pada masyarakat yang terimbas covid 19," Kata Ferry Silviana Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Jumat (22/10). 

Dengan adanya aksi borong ini, selain untuk membantu petani agar tidak rugi, juga untuk menjaga kestabilan harga komoditas sayur, serta berbagi kepada warga yang saat ini terkena dampak Covid 19.

Ferry Silviana menambahkan, meski di Kota Kediri pertanian bukan yang utama namun Pemkot Kediri terus memperhatikan kesejahteraan petani dan keberlangsungan lahannya, dengan kegiatan positive  seperti ini agar semua bisa survive.