Antisipasi Omicron, Satgas Covid-19 Tuban Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan

Hingga saat ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban mencapai 7863 orang. Rinciannya, sembuh 6851 rang, meninggal 931 orang, dan masih dirawat atau dipantau 81 orang.


Satgas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Tuban terus melakukan upaya pencegahan dalam rangka memutus mata rantai perkembangan kasus Covid-19 dan mengantisipasi penyebaran varian baru Omicron.

Diantaranya, petugas gabungan mulai gencar melakukan operasi yustisi penegakan hukum protokol kesehatan. Sasarannya masyarakat pengguna jalan yang melintas di jalur protokol dan titik-titik lainnya.

Masyarakat yang terkena operasi akan mendapatkan vaksinasi jika selama ini meraka belum mendapatkan vaksin Covid-19.

“Sasarannya kita jaring masyarakat yang selama ini tidak mau divaksin atau mungkin kurang informasi tentang kegiatan vaksin, kita arahkan kesini kita cek kalau sudah vaksin lengkap kita persilahkan melanjutkan perjalanan kalau belum vaksin kita arahkan untuk vaksin terlebih dahulu,” kata Kabagops Polres Tuban Kompol Budi Santoso kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Senin (14/2).

Kompol Budi Santoso mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran kabupaten Tuban.

“Mulai hari ini serentak seluruh jajaran di Kabupaten Tuban, setiap hari kita akan lakukan kegiatan seperti ini dan titik lokasi akan berubah-ubah lihat situasi dimana  capaian vaksin paling rendah kita akan kegiatan disana,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Tuban agar mengikuti kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh pemerintah agar tercipta Herd Immunity.

“Untuk antisipasi adanya varian Omicron masyarakat harus ikut vaksin, mudah-mudahan segera tercipta Herd Immunity dan masyarakat kabupaten Tuban bisa terhindar dari varian baru ini,” pungkasnya.

Dalam beberapa hari terakhir, jumlah kasus warga yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan.

“Kasus terkonfirmasi 21 orang. Rinciannya, kasus domisili Tuban ada 6 orang dan kasus domisili luar Tuban 15 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Tuban Bambang Priyo Utomo.

Meski ada penambahan kasus baru, pasien yang sembuh pada hari ini juga bertambah. “Terkonfirmasi meninggal 1 orang,” ujar Bambang.

Dari penambahan itu, lanjut Bambang, saat ini total kumulatif kasus Covid-19 di Tuban mencapai 7863 orang. Jumlah tersebut dengan rincian sembuh 6851 rang, meninggal 931 orang, dan masih dirawat atau dipantau 81 orang.

“Menjalani isolasi terpadu ada 59 orang, dirawat di RSUD dr Koesma Tuban 7 orang, Rumah Sakit Ali Mansyur 1 orang, dan rumah sakit luar 31 orang,” ujarnya.