Hadiri Launching Bantuan Sembako, Bupati Bondowoso Sambut Baik Terobosan Kemensos

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat menghadiri launching pencairan bansos sembako di Kantor Pos /RMOLJatim
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat menghadiri launching pencairan bansos sembako di Kantor Pos /RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melaunching penyaluran program sembako 2022 dari Kementerian Sosial, di kantor Pos Kota Bondowoso, Minggu (20/2).


Program sembako senilai Rp 200 ribu kepada tiap Kelompok Penerima Manfaat (KPM) mulai dicairkan dan dibayar tiap tiga bulan sekali melalui PT Pos Indonesia. Total selama satu tahun dengan total Rp2,4 juta.

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin yang hadir dalam acara launching penyaluran program sembako 2022, menyambut baik terobosan Kemensos RI melalui Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso yang telah mencairkan bansos sambako lewat Kantor Pos.

"Tentu ini mempermudah masyarakat penerima bansos, karena selama ini kita jumpai banyak kendala yang dialami oleh KPM, pencairan dengan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) banyak yang salah NIK, nama dan lain-lain," ujar Bupati Salwa dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Kepala Dinas Sosial Bondowoso Anisatul Hamidah mengatakan, pencairan bansos sembako tunai kali ini lewat Kantor pos. Tiap penerima tidak menggunakan kartu seperti kartu PKH atau kartu BPNT yang biasa diterima oleh KPM.

"Langsung pihak Pos yang menyalurkan, nanti skemanya petugas pos akan menyalurkan di tiap-tiap desa. KPM bisa juga langsung ke kantor pos di Kecamatan dengan membawa KTP dan KK," ucap Anis.

Anis meminta keluarga penerima bansos sembako tunai agar membelanjakan uang bantuannya sesuai aturan. Karena pemerintah telah memberikan kepercayaan penuh kepada KPM untuk membelanjakan uang bantuan tersebut sesuai peruntukannya.

"Uang bantuan tersebut untuk dibelanjakan bahan pangan yang telah ditentukan oleh Kemensos RI, yakni karbohidrat, protein hewani, protein nabati vitamin dan mineral. Jangan belanjakan untuk barang-barang lainnya," kata Anis.

Karena, lanjut dia, bantuan ini diberikan untuk memenuhi kebutuhan dasar serta meningkatkan taraf hidup penerima bansos. Total penerima bansos sembako di Bondowoso 45,18 ribu KPM.

Diketahui, PT Pos Indonesia sebagai penyalur bansos sembako tunai ini menargetkan akan tuntas pada 5 Maret 2022.