Kajati Jatim Resmikan Rumah RJ Kejari Tanjung Perak

Kajati Jatim Dr. Mia Amiati, SH, MH didampingi Kajari Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi, SH MH, Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Anton Elfrino Trisanto saat mendatangi prasasti peresmian Rumah RJ Omah Rukun Kejari Tanjung Perak, Senin (28/3)/ RMOLJatim
Kajati Jatim Dr. Mia Amiati, SH, MH didampingi Kajari Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi, SH MH, Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Anton Elfrino Trisanto saat mendatangi prasasti peresmian Rumah RJ Omah Rukun Kejari Tanjung Perak, Senin (28/3)/ RMOLJatim

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kajati Jatim) Dr. Mia Amiati, SH, MH meresmikan rumah restorative justice (Rumah RJ) Kejari Tanjung Perak di Kantor Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, Senin (28/3).


"Dengan mengucap bismillah, hari ini saya resmikan Rumah RJ Omah Rukun Kejari Tanjung Perak," kata Kajati Jatim dengan memegang tombol di layar monitor didampingi Kajari Tanjung Perak I Ketut Kasna Dedi, Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan Aspidum Kejati Jatim Sofyan Selle. 

Kajati Mia menjelaskan, terbentuknya Rumah RJ merupakan sebuah manifestasi kejaksaan dan implementasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Nantinya, arah kebijakan dan strategi bagian penegakan hukum nasional ditujukan pada perbaikan sistem hukum pidana dan perdata.

Terbentuk Rumah RJ ini, masih kata Mia,  sebagai tempat musyawarah masyarakat sebelum masuk ke ranah penegak hukum. Selain itu, kehadiran Rumah RJ diharapkan mampu menggali kearifan lokal dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat dengan membuka harapan untuk menciptakan keharmonisan dan kedamaian.

"Melalui konsep penyelesaian keadilan restoratif ini maka kehidupan harmonis di lingkungan masyarakat dapat pulih kembali," jelasnya.

Diungkapkan Mia, saat ini terdapat 21 kasus pidana di Jawa Timur yang mengajukan RJ ke Kejaksaan Agung. 

“Dari Januari hingga Maret (2022, red) terdapat 21 kasus, kemudian disetujui oleh pimpinan di Kejagung 15 yang dua ditolak,” ungkapnya.

Masih kata Kajati, setiap pengajuan RJ bukan berarti langsung disetujui. Namun ada proses tanya jawab, diteliti berkas perkaranya terlebih dahulu. Sampai saat ini Kejagung masih meneliti berkas empat perkara yang lain. Berkas tersebut masih harus berjuang bersama 34 propinsi lainnya di Indonesia.

“Karena akan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat. Gunakan sebaik-baiknya karena hukum yang harus kita ayomi, masyarakat yang harus kita ayomi adalah menggunakan hukum yang berkembang, yang ada di masyarakat. Yang tahu tentang bagaimana hukum yang di tujuh adalah tokoh-tokoh yang ada di masyarakat,” urainya.

Disesi akhir peresmian Rumah RJ Omah Rukun tersebut, Kajati Jatim menghentikan penuntutan kasus pencurian handphone yang dilakukan terdakwa Mas'ud Bin Lusin untuk memenuhi kebutuhan anaknya daftar sekolah. 

Di hadapan Kajati Jatim dan Kajari Tanjung Perak, Terdakwa Mas'ud mengaku menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya. Sementara korban pencurian, Madrai mengatakan telah memaafkan terdakwa.

Suasana pun menjadi haru ketika Kajati Mia membacakan surat al-maidah ayat 8 sebelum melepas rompi tahanan yang dikenakan terdakwa Mas'ud. 

Tak hanya itu, Kajati Jatim juga menyerahkan anak dari terdakwa kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi untuk bisa kembali sekolah, karena selama ini anak terdakwa tidak sekolah lantaran terhimpit masalah ekonomi.

"Kami keluarga kejaksaan menitipkan anak ini kepada Pak Walikota melalui Kepala Dinas Pendidikan untuk bisa dididik agar bisa menjadi penerus dimasa mendatang, dan bisa mendapatkan haknya sebagai perempuan dan bisa mendapatkan ilmu yang mandiri dan baik," kata Kajati kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Permintaan Kajati tersebut disambut positif oleh Walikota Eri Cahyadi. Dia berjanji amanah yang diberikan akan dijalankan dengan tulus dan ikhlas.

"Insyaallah, kami akan menjaga ananda dan mendidiknya agar kelak menjadi pemimpin yang hebat," ujar Eri Cahyadi. 

Terpisah, Kajari Tanjung Perak I Ketut Kasna Dedi mengatakan, Rumah RJ di Kelurahan Babat Jerawat yang dilaunching hari ini merupakan Rumah RJ kedua.

"Yang pertama ada di Kelurahan Kemayoran," jelasnya.

Untuk diketahui, persemian Rumah RJ Omah Rukun ini juga dihadiri Pejabat Pemkot Surabaya diantaranya jajaran asisten dan kepala dinas, serta jajaran camat dan lurah yang berada di wilayah hukum Kejari Tanjung Perak. Selain itu juga dihadiri Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Anton Elfrino Trisanto beserta jajarannya.