Harga Pertamax Naik, Penjualan Mobil Jelang Mudik Lebaran Diprediksi Turun

penjulan mobil jelang lebaran diprediksi turun/Net
penjulan mobil jelang lebaran diprediksi turun/Net

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) RON 92 atau Pertamax bakal berdampak pada momentum positif pertumbuhan industri otomotif, terutama penjualan mobil.


Direktur Center of Economic and Law Studie (Celios), Bhima Yudhistira juga memprediksi hal tersebut, karena dia melihat harga Pertamax yang kini menjadi Rp 12.500 per liter akan memangkas konsumsi masyarakat untuk kebutuhan sekunder tersebut.

"Dampak ke penjualan kendaraan bermotor akan sangat terdampak. Keputusan konsumen untuk membeli mobil khususnya di atas 1.500 cc akan terpengaruh dengan naiknya harga bbm jenis non subsidi," ujar Bhima kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (2/4).

Selain itu, Bhima memprediksi mayoritas masyarakat menengah bakal mengubah pola konsumsi hingga ke pembelian barang-barang seperti elektronik hingga pakaian jadi.

"Konsumsi rumah tangga akan tergerus harga pertamax sehingga mengurangi pembelian barang lainnya," imbuhnya menegaskan.

Maka dari itu, Bhima meyakini banyak masyarakat yang awalnya berencana membeli kendaraan pribadi berupa mobil akan mengurungkan diri, sehingga rencana mudiknya akan beralih ke transportasi umum.

"Momentum mudik biasanya penjualan mobil naik, mungkin tahun ini masyarakat akan beralih ke transportasi umum dibanding memiliki mobil pribadi," pungkasnya.