DPMD Bondowoso Catat 117 Desa Sudah Cairkan Dana Desa Tahap I

Kepala DPMD Bondowoso, Haeriyah Yulianti/RMOLJatim
Kepala DPMD Bondowoso, Haeriyah Yulianti/RMOLJatim

Sebanyak 117 desa di Kabupaten Bondowoso sudah tercatat menyalurkan dana desa ke kas pemerintah (Kaspem) desa untuk pencairan tahap 1.


Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bondowoso, Haeriyah Yulianti mengatakan memasuki bulan April 2022, sudah ada 117 pemerintah desa yang telah mencairkan dana desa (DD) tahap pertama. Baik yang reguler maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang besarannya 40 persen. 

"117 desa yang sampai saat ini sudah salur ke kas pemerintah (Kaspem) desa. Perkara oleh mereka dicairkan kapan itu murni kewenangan desa," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (7/4). 

Diterangkan Haeriyah, mengingat jumlah desa di Bondowoso capai 209, masih ada desa yang belum cair DD nya dengan beberapa penyebab.

Diantaranya, desa-desa yang belum bisa mencairkan ini masih ada yang proses input di Siskeudes, ada yang juga belum upload APDes. Selain itu, juga ada yang memang sudah mengajukan tapi masih ada perbaikan. "Jadi banyak faktor yang jadi penyebab," tuturnya. 

Ia pun berharap pemerintah desa bisa segera menyelesaikan pencairan ini. Karena, di masa saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan dukungan BLT DD. 

"Jadi untuk desa untuk segera, ya paling tidak kita sadar, bahwa di msa sekarang ini masyarakat kan sangat membutuhkan support dana BLT itu," pungkasnya.