Gelar Pelantikan di Gedung DPRD Bondowoso, IKMPB Siap Jadi Mitra Kritis Pemerintah

Prosesi pelantikan IKMPB UIN Khas Jember/RMOLJatim
Prosesi pelantikan IKMPB UIN Khas Jember/RMOLJatim

Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso (IKMPB) UIN Khas Jember menggelar pelantikan di gedung Paripurna DPRD Bondowoso, Sabtu (23/4).


Organisasi yang berisikan mahasiswa asli Bondowoso asal kampus UIN Khas Jember tersebut kedepan siap menjadi mitra strategis dan kritis bagi pemerintah kabupaten Bondowoso.

Dyah Riska Adelia, Presiden IKMPB dalam sambutannya mengatakan bahwas dalam sejarah pendiriannya memang untuk memfasilitasi pelajar dan mahasiswa yang periode 1980-an asal Bondowoso masih sangat terbatas.

"Dari dampak carut marut pendidikan, perekonomian dan dampak sosial lainnya kami didirikan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Namun, seiring berjalannya waktu dan makin bertambahnya kwantitas kader IKMPB diharapakan semakin mengasah kualitas yang menjadi cita-cita awal para pendiri agar perubahan kabupaten Bondowoso bisa melalui kontribusi IKMPB pula.

"Kami melakukan kajian-kajian keilmuan sekaligus sebagai penyeimbang untuk bisa mengontrol kebijakan pemerintah benar-benar untuk kesejahteraan rakyat," sambungnya.

Dyah menambahkan, program kerja yang biasa dilakukan oleh pihak dan pendahulunya merupakan kegiatan-kegiatan sosial yang targetnya adalah peningkatan kapasitas mahasiswa Bondowoso utamanya di kampus UIN Khas Jember.

Lebih dari itu, tak jarang kegiatan pendampingan dan bakti sosial dengan terjun langsung kepada masyarakat dikawasan pinggiran dan kawasan yang memang sedang dibutuhkan.

"Ini wujud membangun intelektual dan spiritual kader Bondowoso di Jember," ujarnya.

Sementara itu, Pembina IKMPB Afnas Fahrurrasi menyatakan pihaknya selaku pembina memberikan kebebasan para kader aktif dalam berekspresi terlebih dalam hal keilmuan dan kapasitas lain dalam melakukan perubahan.

"Jangan pernah berhenti berbuat positif, terobos dan berhenti ketika sudah memang dirasa selesai," terangnya.

Di tempat yang sama, Ali Mansur alumni IKMPB yang juga merupakan anggota DPRD Bondowoso memotivasi para adik-adiknya agar terus berproses di organisasi kemahasiswaan sebagai bekal agar nantinya bisa diterapkan di masyarakat.

"Saya dulu juga sama, aktivis mahasiswa seperti adik-adik ini," tandasnya.

Mansur meyakini akan ada dari kader IKMPB yang saat ini masih aktif di kampus nantinya juga bisa menjadi tokoh penting bahkan menjadi anggota DPRD.

"Mari bersungguh-sungguh berproses, saya yakin adik-adik semua akan melebihi apa yang para pendahulu capai," pungkasnya.