Pedagang di Kawasan Jalan Manyar Gresik Rela Kios dan Warungnya Diratakan

Tempat kios yang sudah diratakan
Tempat kios yang sudah diratakan

Pembongkaran warung atau kios di sepanjang jalan raya Manyar, Gresik, akhirnya lakukan petugas gabungan dari Dispol PP, dengan pengamanan petugas kepolisian dan TNI.


Proses pembongkaran berlangsung aman, tanpa ada hambatan maupun penolakan dari pemilik warung atau kios. Meski sebelumnya mereka sempat berunjukrasa, menentang penggusuran.

Namun, pasca dilakukan pendekatan dialogis antara pemilik warung atau kios dengan pihak terkait. Ditemukan win-win solution, agar proyek nasional itu bisa dilaksanakan dengan baik tanpa ada hambatan.

Menurut Ketua Paguyuban Bedak Manyar (PBM) Abdullah Syafii, pihaknya tidak keberatan dan menolak penggusuran atau pembongkaran. Karena, telah ada komunikasi dengan menghasilkan kesepakatan tempat baru (relokasi). 

"Pembongkaran dilakukan setelah ada titik temu atara PBM dengan BBPJN, terkait relokasi maupun kompensasi yang diberikan kepada pemilik warung atau kios sesuai kesepakatan. Seperti, memberi tali asih," ujarnya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (28/10).

"Besaran tali asih yang diberikan ke pemilik warung atau kios bervariatif, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 15 juta, tergantung besaran ukuran bedaknya (warung/kios)," sambungnya.

Syafii menambahkan, total ada 199 warung atau kios yang terdampak penggusuran dan akan mendapatkan tali asih secara bertahap dari BPJN. 

"Dari total itu, 105 pedagang atau pemilik warung atau kios tergabung di PBM. Sedangkan, sisanya 67 tidak berada dalam naungan lembaga kami," tuturnya.

"Untuk pedagang yang tergabung dalam PBM, telah disepakati bakal direlokasi dibelakang warung atau kios yang digusur. Artinya, lokasi relokasi mundur sekitar 10 meter dari lokasi semula," tandasnya.

Pantauan di lapangan, sejumlah alat berat tampak dikerahkan untuk membongkar warung dan kios dikawasan Jalan Raya Manyar Gresik (Jalur Pantura Deandels) agar proyek pelebaran jalan yang telah dicanangkan BPJN bisa segera dilaksanakan.