Polres Jember Kerahkan Personil Gabungan Sepanjang Rute Gerak Jalan Tajemtra 2022

Polres Jember saat menggelar apel pasukan/ist
Polres Jember saat menggelar apel pasukan/ist

Polres Jember mengerahkan sedikitnya 850 personel gabungan Polri, TNI, Satpol PP Dan Dinas Perhubungan Kabupaten Jember dalam even gerak jalan Tanggul-Jember Tradisi, Sabtu (17/ 15). 


Animo masyarakat untuk menjadi peserta gerak jalan Tajemtra cukup tinggi. Bahkan panitia yang menargetkan 7.500 peserta, sejak Kamis kemarin (15/12), sudah terlampaui.  

Event tahunan ini menjadi pamungkas kegiatan gerak jalan di Kabupaten Jember dan paling ditunggu masyarakat Jember. Terlebih lagi kegiatan Tajemtra ini sempat berhenti selama 2 tahun karena pandemi covid 19.

"Gerak jalan Tajemtra ini digelar sejak tahun 1975 dan telah menjadi ikon Kabupaten Jember. Gerak jalan ini menempuh perjalanan sejauh 30 meter dari Alun-alun Tanggul hingga Alun-alun Kota Jember," ucap Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, saat memimpin gelar apel pasukan dikutip Kantor Berita RMOLJatim di Mapolres Jember, Jumat (16/12) sore.

Dia menegaskan, bahwa Polres jember bersama unsur kekuatan lainnya seperti TNI, Dishub dan Satpol PP, akan menjamin keamanan para peserta Tajem baik secara perorangan maupun beregu.

Menurut Heru, jumlah personil Polres Jember yang diterjunkan sebanyak 575 personil. Selain itu juga dibantu oleh unsur kekuatan lainnya yaitu TNI sekitar 100 personel. Ada pula ratusan personil Sat Pol PP dan Dishub. Jumlah total petugas gabungan kurang lebih sebanyak 850 personel.

"Personel ini nantinya akan ditempatkan pada beberapa titik, mulai start alun-alun Tanggul, Pos Bangsalsari, Pos Rambipuji, Pos Sukorambi, Wilayah kaliwates, wilayah Kota Jember serta jalur-jalur alternative," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Jember memberikan perintah agar seluruh petugas keamanan harus bersikap humanis. 

Kapolres Jember meminta petugas pengamanan harus sudah menempati pos pengamanan masing-masing serta melakukan pengawalan sesuai prosedur.

"Kami berharap kegiatan gerak jalan Tanggul-Jember ini bisa berjalan sukses, aman dan kondusif," katanya.