Gedung Polindes Tak Rampung Januari 2023, Camat Kwanyar akan Laporkan Kades Pesanggrahan

Pembangunan gedung Polindes Desa Pesanggarahan, Kecamatan Kwanyar, Bangkalan, belum selesai/RMOLJatim
Pembangunan gedung Polindes Desa Pesanggarahan, Kecamatan Kwanyar, Bangkalan, belum selesai/RMOLJatim

Camat Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Hoirur Rohman, berencana akan melaporkan Kepala Desa Pesanggrahan ke Bupati dan Inspektorat bila pembangunan gedung Pondok Bersalin Desa (Polindes) Desa Pesanggarahan, tidak rampung pada Januari 2023 ini.


Pembangunan Polindes di Desa Pesanggarahan bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022. Menurut Hoirur, berdasar aturan bahwa untuk pengerjaan kegiatan pembangunan harus selesai di tahun yang sama. 

Kendati demikian, Camat Hoirur menegaskan belum rampungnya pembangunan polindes lantaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mencairkan anggaran tahap ketiga di bulan terakhir tahun 2022.

Sedangkan persyaratan untuk pengajuan anggaran tahap ketiga, setelah melaksanakan lebih dari 50 persen tahapan pengerjaan bangunan.

"Pada saat itu 75 persen sudah selesai. Kirim pengajuannya ke DPMD. Di DPMD itu ternyata dana masuk ke rekening (Pemdes Pesanggrahan) pada tanggal 30 September," kata Camat Hoirur.

Dia menegaskan, apapun permasalahannya keterlambatan itu tetap salah. Oleh karena itu, dia menegur pihak Pemdes Pesanggaran.

Pasca teguran itu, pengerjaan gedung tersebut kembali dilakukan. Camat Hoirur meminta Pemdes Pesanggrahan bisa merampungkan pada Januari 2023 ini.

"Tadi Pak Careknya (sekdes) gak janji ke saya. Cuman sudah dikerjakan. Tapi katanya akan selesai dalam waktu dekat selesai. Ya, bulan Januari harus selesai. Saya tekankan begitu," tegasnya.

Ditanya tindakan yang akan diambil Pemerintah Kecamatan Kwanyar apabila pengerjaan polindes belum selesai pada Januari, Camat Hoiru berjanji akan melaporkan Kepala Desa Pesanggarahan kepada Bupati dan Inspektorat Kabupaten Bangkalan.

Pembangunan gedung Polindes Desa Pesanggarahan mulai dikerjakan sejak September 2022, dengan ditandai acara peletakan batu pertama oleh Wakil Bupati Bangkalan yang saat ini sebagai Plt Bupati Bangkalan, Moh Mohni.

Saat itu dalam sambutannya, Mohni mengatakan bahwa Polindes Desa Pesanggrahan merupakan polindes pertama yang bersumber dari anggaran DD di wilayah Kecamatan Kwanyar.

Mohni berharap pembangunan serupa bisa diikuti desa-desa lain. Bahkan Mohni memproyeksikan Desa Pesanggrahan menjadi percontohan Desa Mandiri bagi desa lainnya.