Jelajahi Türkiye dari Belakang Sepeda

Ilustrasi / ist
Ilustrasi / ist

Apakah anda siap untuk menjelajahi Türkiye dengan bersepeda? Dari Mediterania hingga Aegean, anda dapat mengikuti jejak peradaban kuno sambil mengayuh melalui teluk yang indah di mana warna hijau dan biru saling melengkapi satu sama lain secara alami. 


Anda juga dapat berenang kapan pun anda mau di perairan luas dan jernih berwarna biru. Jangan lupa untuk mempermanis perjalanan anda dengan cita rasa masakan Turki yang lezat sambil menelusuri rute unik dari belakang sepeda anda pada musim panas kali ini di Türkiye. 

Türkiye menyediakan area untuk glamping dan berkemah, hotel ramah sepeda untuk penggemar olahraga yang bepergian dengan sepeda, dan hotel serta hostel dengan skala berbeda dengan label lingkungan nasional dan internasional. Sertifikat "Fasilitas Akomodasi Ramah Sepeda", yang telah diterapkan Türkiye untuk mempromosikan wisata bersepeda dan pariwisata berkelanjutan, diberikan kepada hotel yang memenuhi berbagai kriteria seperti menyediakan parkir sepeda yang aman, mempekerjakan staf yang memiliki pengetahuan tentang rute bersepeda lokal, serta menyediakan pembersihan sepeda dan ruang perbaikan.

Eurovelo; Menggabungkan Sejarah dan Alam

Türkiye dikelilingi oleh rute yang dibuat khusus untuk mereka yang ingin menjelajahi negara dengan bersepeda. 

Namun, rute negara bersifat lebih luas daripada rute lokal. Dengan kota İzmir, Edirne, dan Kırklareli, Türkiye berpartisipasi dalam EuroVelo (Jaringan Rute Bersepeda Eropa), yang menghubungkan seluruh benua Eropa dan menggabungkan 17 rute bersepeda jarak jauh yang berbeda. Sambil menjelajahi empat penjuru negara dengan sepeda, anda dapat melakukan perjalanan yang tak terlupakan melintasi sejarah dan alam dengan mengikuti EuroVelo 13 - Jalur Tirai Besi atau EuroVelo 8 - Rute Mediterania. Rute Bersepeda EuroVelo 13 diawali dengan masuk ke Türkiye dari Edirne dan menawarkan pemandangan indah bagi pengendara sepeda di antara ladang bunga matahari. Rute EuroVelo 8, yang memasuki Türkiye dari Pelabuhan Dikili İzmir, melewati kota kuno Pergamon yang terdaftar di Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO, Suaka Burung İzmir, Karşıyaka, Alsancak, Seferihisar, Sığacık, Urla dan Alaçatı secara berurutan. Setelah melewati tempat-tempat indah tersebut, rute berakhir di Kota Kuno Ephesus, yang juga merupakan sebuah situs dari Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Hidup Seperti Laut Aegea di Turkaegean

Waktu yang anda habiskan di Turkaegean (pantai Aegean Türkiye), yang terkenal dengan pantainya yang indah, air dengan warna biru kehijauan, dan desa-desa yang mengingatkan pada kartu pos, akan menjadi salah satu pengalaman paling luar biasa yang pernah ada. 

Efesus dan Pergamus, kota kuno di Turkaegean, yang termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, berada di rute EuroVelo 8, sama seperti kota Cittaslow di Foça, Seferihisar dan Yenipazar dan, tentu saja, teluk yang paling indah. 

Selain itu, geografi unik ini adalah surga gastronomi nyata dengan berbagai banyak jenis zaitun, buah ara, herbal dan anggur, minuman anggur Turki yang unik, dan masakan yang luar biasa lezat dan sehat dengan berbahan dasar minyak zaitun.

Di bawah matahari Riviera Turki

Saat perjalanan membawa anda ke Riviera Turki, anda akan menemukan Pegunungan Taurus yang megah dan kota-kota kuno yang tersembunyi di dalam hutan pada pesisir pantai Mediterania. 

Pada ribuan tahun yang lalu, sisa-sisa peradaban yang dimiliki oleh tanah ini akan mencerahkan hari Anda. Sebagai contoh, kota kuno yang tersembunyi di antara hutan di Kota Kuno Olympos akan membuat anda terpesona. Warna biru tua, pasir mutiara, kota kuno, tebing, dan jalan indah dengan hijaunya alam menanti anda dalam perjalanan ini. Kemah tenda, rumah bungalo, atau hotel yang nyaman akan berada di dekat anda kapan pun anda ingin berhenti dan beristirahat.

Perjalanan yang seperti mimpi: Menuju Cerobong Peri Menyerupai negeri ajaib dengan cerobong peri, Cappadocia adalah rute yang luar biasa untuk dijelajahi dengan sepeda. Saat anda menjelajahi geografi unik ini dengan sepeda, anda akan menemukan gereja kuno, kota bawah tanah, dan formasi alam yang unik. Saat berjalan-jalan di tanah yang luas ini dengan sepeda, ingatlah untuk mampir ke kota bawah tanah yang terletak ratusan meter di bawah tanah, untuk menginap di hotel yang terbuat dari batu dan mencicipi anggur yang diproduksi di wilayah tersebut selama ribuan tahun.