Kemendag Buka Festival Kemerdekaan, Ajak Masyarakat Berbuat Terbaik untuk Negeri

Mendag Zulkifli Hasan membuka Kegiatan Festival Kemerdekaan di Jakarta, Kamis (6/7)/Ist
Mendag Zulkifli Hasan membuka Kegiatan Festival Kemerdekaan di Jakarta, Kamis (6/7)/Ist

Merayakan nikmat kemerdekaan Indonesia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak masyarakat untuk terus bersyukur dengan melakukan sesuatu yang terbaik untuk negeri.


Hal ini ditegaskan Mendag Zulkifli Hasan saat membuka Kegiatan Festival Kemerdekaan sekaligus Pekan Olahraga dan Seni Kemendag di Jakarta, Kamis (6/7).

Pembukaan festival tersebut diawali Mendag Zulkifli Hasan dengan melakukan senam pagi bersama pegawai Kemendag. Senam dipimpin langsung instruktur aerobik Bagus Untoro atau Bagus Bodyfit yang juga seorang pegiat sosial media kesehatan. Senam pagi juga diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Timor Leste yang mengikuti program magang di Kemendag.

Zulhas mengatakan bahwa estival Kemerdekaan digelar dalam rangka memperingati dirgahayu Republik Indonesia dengan mengadakan pekan olahraga dan seni.

"Ini merupakan bentuk syukur kepada Tuhan yang maha kuasa yang telah memberikan begitu banyak nikmat. Bentuk syukur tersebut dapat dilakukan dengan sekuat tenaga, semampunya berbuat terbaik untuk negeri tercinta," kata Mendag Zulkifli Hasan dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto juga menyebut Festival Kemerdekaan ini untuk memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Acara peringatan dilakukan sebagai wujud syukur karyawan Kemendag dan mitra kerja dan menghormati perjuangan para pejuang kemerdekaan.

Suhanto mengungkapkan, Festival Kemerdekaan akan dimeriahkan dengan pekan olahraga dan seni (Porseni) Kemendag. Kegiatan ini akan memperebutkan Juara Umum Trofi Menteri Perdagangan.

"Pada masa darurat Covid-19, kegiatan tersebut ditiadakan. Sebelumnya, juara umum dipegang oleh Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri. Pada hari ini tropi tersebut akan diperebutkan seluruh unit Eselon I di lingkungan Kemendag," jelas Suhanto.

Adapun cabang festival yang dilombakan dalam Porseni Kemendag terdiri atas sebelas lomba meliputi enam pertandingan olahraga dan lima kesenian. Cabang olahraga yang dilombakan terdiri atas tenis meja, tenis lapangan, futsal, bola voli, bulu tangkis, dan e-sport. Sementara kesenian yang dilombakan terdiri dari paduan suara, menyanyi solo, komedi tunggal (stand up comedy), office make over, dan video pendek.

Suhanto menambahkan, Porseni Kemendag akan ditutup pada 11 Agustus 2023 dimeriahkan dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan dalang Yusuf Anshori dari Yogyakarta sebagai acara puncak.

"Diharapkan Mendag Zulkifli Hasan dapat menutup Festival Kemerdekaan dengan menyerahkan trofi kepada juara umum nanti," pungkasnya.