Wali Kota Probolinggo Resmikan Pembukaan Event Semipro

Habib Hadi Beserta Forkopimda Dan Undangan Saat Resmikan Pembukaan Semipro
Habib Hadi Beserta Forkopimda Dan Undangan Saat Resmikan Pembukaan Semipro

Sebuah Event yang dinanti oleh masyarakat Kota Probolinggo digelar kembali. Ya, Evet Seminggu Di Kota Probolinggo (Semipro) 2023 sudah resmi dimulai pada Sabtu 8 hingga 14 Juli 2023.


Semipro ini merupakan event tahunan sebagai ajang kreativitas seni, budaya dan pemberdayaan ekonomi lokal yang digelar setiap tahun.

Perlu diketahui, kalau semipro di Kota Probolinggo ini, sudah digelar sejak tahun 2009 lalu. Artinya, event ini untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM dan lainnya.

Apalagi, Semipro di Kota Probolinggo ini menampilkan berbagai bentuk tampilan berbasis kearifan lokal dan sebagainya.

Diharapkan, even ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat serta jadi ajang promo batik khas Kota Probolinggo.

Acara pembukaan Semipro 2023 yang digelar Sabtu malam (8/07/23), juga dihadiri Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Baschin; Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf; dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto.

Mengawali acara, digelar seni drama tari Batik Spero. Dilanjutkan dengan fashion batik yang diperagakan sejumlah pelajar SMPN dan SMAN di Kota Probolinggo. 

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, Semipro kembali digelar setelah pada 2020 hingga 2022 vakum lantaran pandemi Covid-19. Semipro 2023 ini bertepatan dengan libur sekolah sehingga para pelajar tidak usah keluar kota untuk berlibur.

“Even Semipro yang digelar selama seminggu ini mewadahi beragam hiburan, kuliner, hingga produk UMKM unggulan khas Pendalungan, Tionghoa, hingga Arab. Sehingga masyarakat hingga pelajar bisa datang ke even ini,” Katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (9/7).

Dalam pembukaan Semipro 2023, juga ditampilkan baju batik khas Kota Probolinggo karya desainer Lia Afif. Nantinya baju batik khas Kota Probolinggo ini akan tampil pada Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) 2023, Sabtu (22/07/23) mendatang.

Dengan tampilnya batik khas Kota Probolinggo ini, ke depan batik Kota Probolinggo yang memiliki 150 motif ini dapat lebih dikenal serta dapat dikenal secara nasional.

“Semoga even selama seminggu ke depan ini dapat berjalan lancar, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Probolinggo,” Ungkap Wali Kota berdarah Arab itu.

Selanjutnya Wali Kota Probolinggo beserta forkopimda dan sejumlah tamu undangan menabuh rebana di atas panggung yang menandai acara Semipro 2023 ini resmi dibuka. Kemudian walikota dan forkopimda tampil dalam parade batik di atas panggung.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin dalam sambutannya mengaku, kagum dengan event Semipro yang digelar bertepatan dengan libur sekolah. Sehingga para pelajar yang libur mendapat hiburan dan tidak perlu keluar kota.

“Saya berharap Semipro 2023 ini digelar sukses, serta masyarakat terus mendukung dan menikmati acara ini. Terlebih, dengan akan tampilnya batik khas Kota Probolinggo di ajang JFFF di Jakarta, semoga batik Kota Probolinggo lebih dikenal lagi,” ujarnya.

Pembukaan Semipro 2023 ini juga dimeriahkan dengan dengan penampilan Ketua Dekranasda Jawa Timur bersama Ketua Dekranasda Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, serta sejumlah ketua Dekranasda undangan tampil di atas panggung dengan mengenakan batik khas Kota Probolinggo.

Tak hanya itu baju batik kreasi Lia Afif yang nantinya akan tampil di even JFFF Jakarta. Seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkot Probolinggo bersama istri masing-masing juga tampil memeriahkan parade batik mengenakan baju batik di atas panggung.

Pada event Semipro 2023 tersebut juga digelar lomba desain batik yang diikuti sejumlah desainer pelajar hingga desainer umum. (adv)