KPK Panggil Menhub Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi/Net
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi/Net

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dipanggil tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).


Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, Budi karya dipanggil sebagai saksi bersama dua orang lainnya hari ini, Jumat (14/7).

"Pemeriksaan dilakukan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi Jakarta Selatan," ujar Ali kepada wartawan, Jumat pagi (14/7).

Selain Menhub Budi Karya, KPK juga memanggil Maulana Yusuf selaku ASN pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan M Risal Wasal selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, hingga pukul 09.15 WIB, Menhub Budi belum terlihat hadir di Gedung Merah Putih KPK.

KPK sebelumnya menyatakan terdapat aliran dana ke petinggi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dugaan ini didapati setelah tim penyidik mendalami informasi dari saksi-saksi yang telah diperiksa di Polrestabes Semarang, Rabu (12/7).

Saksi-saksi yang telah diperiksa, yaitu Logam Sehat Utama selaku wiraswasta, Eko Budi Santoso selaku Koordinator Satuan Pelayanan Yogyakarta BTP Wilayah 1 Semarang, dan Heni Purwaningtyas selaku pejabat Pokja di Satuan Pelaksana 3 Jateng DIY 2019-2023.