Konsolidasi PDI Perjuangan Jatim, Penuhi Target Kemenangan Pemilu

Said Abdullah /ist
Said Abdullah /ist

Pada Senin, 24 Juli 2023 Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur MH Said Abdullah menerima Surat Keputusan DPP PDI Perjuangan bernomor 871/KPTS/DPP/VII/2023 tentang Penetapan dan Pengesahan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Timur Masa Bakti 2019-2024. 


Surat keputusan tersebut ditanda tangani oleh Prof. Dr. Hj Megawati Soekarnoputeri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan dan Dr Hasto Kristiyanto selaku Sekjen DPP PDI Perjuangan. 

'Berdasarkan surat keputusan tersebut, saya, MH Said Abdullah diberikan mandat menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, dari sebelumnya Plt Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Saya juga diberikan tugas oleh DPP PDI Perjuangan untuk mengusulkan penyempurnaan penyesuaian struktur dan komposisi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur,' kata Said Abdullah, Senin, (24/7)

Atas penugasan tersebut, Said Abdullah memandang penting untuk melakukan langkah langkah prioritas dan strategis.

Pertama, tugas konsolidasi PDI Perjuangan Jawa Timur, mulai dari tingkat ranting hingga DPD Partai sangat penting dilakukan. 

'Saya bersama kawan kawan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur perlu memastikan soliditas dan kedisiplinan tiga pilar partai dalam upaya memenangkan pileg dan pilpres di Jawa Timur," ungkap Said. 

Atas penugasan dari DPP Partai, lanjutnya, ia  perlu memastikan jajaran DPD PDI Perjuangan Jawa Timur untuk melakukan konsolidasi besar besaran, turun hingga ke tingkat ranting untuk memastikan jajaran kepengurusan di tingkat ranting hingga DPD bekerja dengan maksimal memenangkan pemilu. 

"Saya akan melakukan perombakan jajaran struktural, khususnya di tingkat bawah bila teridentifikasi jajaran struktural PDI Perjuangan hadir dengan hanya papan nama, tapi miskin kerja kerja kerakyatannya, sebab jajaran struktural partai adalah slag orde utama partai," sambung Said. 

Sebaliknya, lanjut Said, DPD PDI Perjuangan Jawa Timur akan memberikan reward yang sepadan kepada jajaran struktural atas keberhasilan kerja kerja politiknya. 

Kedua, DPD PDI Perjuangan telah menetapkan target kemenangan pileg 37% suara dan pilpres 60% untuk Ganjar Pranowo di Jawa Timur.  

"Untuk itu, saya meminta seluruh kawan kawan jajaran DPD PDI Perjuangan Jawa Timur untuk tegak lurus menjalankan keputusan DPP Partai, yakni untuk menjaga soliditas, serta terus menggelorakan kerja kerja kerakyatan, termasuk jajaran anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jawa Timur, serta jajaran struktural, mulai ranting hingga DPC PDI Perjuangan se Jatim, hingga jajaran kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan di Jatim," bener Said.

Untuk memastikan kerja pemenangan itu berjalan, ia akan terus melakukan monitoring terhadap atas kerja kerja pengorganisiran rakyat yang dilakukan oleh tiga pilar partai di atas. 

'Monitoring itu kami lakukan melalui permintaan laporan secara periodik kepada pihak pihak diatas dalam rangka memenangkan pemilu di Jawa Timur. Kami juga melakukan survei secara periodik hingga pemilu nanti oleh lembaga survei yang kredibel. Melalui dua mekanisme monitoring itu akan teridentifikasi tingkat kemajuan kerja kerja pemenangan di wilayah masing masing,' tutup Said.