Yenny Wahid Disebut Siap Jadi Cawapres, Ini Respon Demokrat

Anggota majelis tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan
Anggota majelis tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan

Yenny Wahid disebut siap menjadi calon wakil presiden jika ditunjuk salah satu dari tiga bakal calon presiden untuk bertarung di Pemilu 2024.


Anggota majelis tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan menuturkan, keputusan memilih bacawapres ada di tangan Anies Baswedan.

“Bagi Demokrat tentunya itu sudah kita serahkan, sudah komit, itu kita serahkan kepada Anies. Tergantung Anies sekarang,” kata Syarief Hasan di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (8/8).

Disinggung mengenai Yenny Wahid merupakan tokoh NU dan kuat di Jawa Timur, Syarief Hasan tidak melihat ketokohan Yenny Wahid sesuatu yang luar biasa.

“Ya kalau saya, kalau kita melihat itu hal yang biasa aja, ya kan. Tidak ada sesuatu yang patut untuk dipertanyakan, di situ kan hak seseorang untuk menilai bagaimana,” ujarnya.

Hubungan Yenny dan Anies cukup dekat, lantaran Anies pernah menjadi rektor Yenny Wahid ketika studi di Paramadina. Kendati demikian, Demokrat tetap melihatnya biasa saja.

“Saya melihat biasa-biasa saja, tidak ada sesuatu yang spesial gitu ya,” selorohnya.

Dia menegaskan, nama Yenny Wahid justru tidak masuk dalam bursa usulan bacawapres Anies dari tiga partai politik Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yakni Nasdem, PKS, dan Demokrat.

“Menurut informasi tidak dalam pertimbangan kami,” pungkasnya.