Upgrade Aplikasi Acces by KAI, Boarding Pass Diskon di Berbagai Hotel dan Rumah Makan

Keterangan foto : Aplikasi Accses by KAI/ist
Keterangan foto : Aplikasi Accses by KAI/ist

Aplikasi pemesanan tiket KA "KAI Access" berubah nama menjadi "Acces by KAI". PT Kereta Api Indonesia (Persero) berharap aplikasi dengan fitur fitur yang inovatif, bisa menjadi solusi modern bagi masyarakat saat perjalanan menggunakan kereta api. 


Agar dapat menikmati fitur dan layanan pengguna dapat melakukan update terlebih dahulu melalui Playstore ataupun Appstore.

“Aplikasi Acces by KAI mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan digital untuk mendukung kebutuhan pengguna, sekaligus sebagai inovasi berbasis digital dari KAI dalam meningkatkan customer experience, dengan technology yang jauh lebih handal perubahan user interface (tampilan visual) yang jauh lebih fun dan youthful ditambah dengan berbagai pengayaan fitur dan layanan yang seamless harapnnya dapat menunjang user experience yang lebih baik lagi”, kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto, dalam keterangan tertulis Sabtu (26/8). 

Disamping peningkatan fitur, lanjut Supriyanto dikembangkan juga 4 fitur unggulan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan pengguna  diantaranya trip planner, reservasi hotel, live tracking dan loyalty poin. 

“Kami berharap dengan peningkatan pelayanan ini akan semakin meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan layanan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, sehat, dan tepat waktu,” ujar Supriyanto. 

Pengembangan fitur dalam aplikasi " Accses by KAI " bertujuan untuk memberikan kemudahan pengguna dan sebagai bentuk adaptasi atas perkembangan zaman dan teknologi saat ini. Seperti misal pemesanan tiket commuterline, KA Bandara, LRT Jabodebek, single sign on, pendaftaran Face Recognition Boarding Gate, transfer tiket, dan produk layanan KA terbaru lainnya.

fitur unggulan terbaru yang saat bisa dimanfaatkan oleh pengguna, menu *Trip Planner*,  fitur ini, akan memudahkan pelanggan dalam menyusun rencana perjalanan yang dapat disesuaikan dengan budget, waktu, dan preferensi wisata. Menu terbaru selanjutnya yang tersedia di aplikasi Access yaitu Reservasi Hotel. Fitur ini KAI hadirkan untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan KAI akan layanan penginapan dalam mendukung customer journey semakin lebih baik lagi.

Melalui upgrade aplikasi Access tersebut, pelanggan yang memesan makanan/minuman melalui menu Railfood sudah dapat menggunakan pembayaran melalui KAI Pay, serta dapat dilakukan pemesanan tiket kereta bersamaan dengan makanan/minuman. Sebelumnya di dalam menu aplikasi KAI Access yang lama, pemesanan Railfood dilakukan secara terpisah dengan tiket kereta (Add ons).

Di samping itu, Aplikasi Access bisa menjadu andalan masyarakat untuk berbagai kebutuhan di luar bertransportasi. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan PPOB (payment point online bank) seperti pembelian pulsa, paket data, dan token listrik.

Sekedar informasi, hingga Juni 2023, jumlah pengguna KAI Access tercatat sebanyak 12.419.711 register user dengan jumlah active user sebanyak 6.101.343 (termasuk member premium). KAI memberikan benefit member premium yaitu setiap transaksi pemesanan tiket KA jarak jauh komersial akan mendapat Railpoint. Railpoint tersebut dapat ditukarkan dengan tiket KA komersial dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

KAI mencatat dalam kurun Januari s.d Juni 2023, pemesanan tiket kereta api didominasi melalui aplikasi KAI Access. Total transaksi pemesanan melalui KAI Access yaitu sebanyak 9.179.669  (61,77%), mitra B2B sebanyak 4.027.330  (27,10%), loket sebanyak 1.259.344  (8,47%), website KAI sebanyak 373.980  (2,52%), vending machine sebanyak 14.439  (0,10%), dan Contact Center 121 sebanyak 6.234 (0,04%).

*Program Boarding Pass Through Value*

Pelanggan kereta api dapat memiliki banyak benefit dari berbagai merchant yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam program Boarding Pass Through Value (BPTV). BPTV adalah program kerja sama KAI dengan beragam mitra atau merchant seperti hotel, tempat penginapan, tempat wisata, restoran, wahana rekreasi, rumah sakit, dan klinik kesehatan.

Pelanggan cukup menunjukkan boarding pass, e-boarding pass, atau kode booking perjalanan kereta api komersial jarak jauh, sesuai dengan identitas diri pelanggan kepada petugas atau kasir di setiap mitra atau merchant yang pelanggan kunjungi dan dapat menikmati diskon yang beragam, mulai dari diskon 10% s.d 50%.

Untuk pelanggan kereta api di wilayah KAI Daop 7, juga dapat menikmati Program "Boarding Pass Through Value" ini. KAI Daop 7 telah bekerjasama dengan berbagai mitra atau merchant di Madiun, Kediri, dan Blitar, diantaranya dengan Srasadesa Resto Madiun, Hotel Setia Budi Madiun, Nusantara Edu Park Madiun, Larissa Aesthetic Center Madiun, Ella Skincare Madiun, Coffee Toffee Madiun, Aston Hotel Madiun, Fave Hotel Madiun, Amaris Hotel Madiun, Heavun Madiun, Hotel Kartika Abadi Madiun, Viva Hotel Kediri, serta Kampung Coklat Blitar.