Partai Demokrat Gabung Koalisi Indonesia Maju, PAN: Kabar Gembira Buat Kami

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga/ net
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga/ net

Partai Demokrat menyatakan siap bekerjasama, dan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM).


Mengetahui kabar tersebut, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengaku terharu akhirnya Demokrat ikut berjuang bersama KIM mengusung Prabowo Subianto menjadi capres.

"Hal ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut Demokrat dengan suka cita," kata Viva Yoga kepada wartawan, Minggu (17/9).

Menurutnya, dengan bergabungnya Demokrat, maka KIM akan menjadi koalisi besar.

Viva mengurai bahwa dengan koalisi besar ini ada beberapa manfaat elektoral yang diperoleh. Pertama, akan menambah basis konstituen koalisi. Setiap anggota partai koalisi memiliki basis konstituen akan disinergikan dengan baik dan akan menambah perolehan suara sehingga peluang untuk menang pilpres akan semakin besar.

Kedua, kerjasama antara PAN, Demokrat, Gerindra, Golkar, dan lainnya secara empiris pernah terukir di pilpres sebelumnya sehingga tidak ada hambatan komunikasi dan kepentingan di antara anggota koalisi.

"PAN merasa semakin optimis dengan kehadiran Demokrat akan menambah kekuatan politik dan energi baru yang semakin membuka peluang besar untuk memenangkan pilpres 2024," demikian Viva Yoga.