Pesta Prestasi Kemenpora Usung Tema "Pemuda Prestasi Yes, Frustasi No"

Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Prof. Dr.H.M.Asrorun Ni'am Sholeh saat membuka acara Pesta Prestasi Kemenpora/RMOLJatim
Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Prof. Dr.H.M.Asrorun Ni'am Sholeh saat membuka acara Pesta Prestasi Kemenpora/RMOLJatim

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Asisten Deputi Potensi Kemandirian Pemuda, menyelenggarakan kegiatan Pesta Prestasi Tahun 2023. 


Kegiatan yang dilaksanakan sebulan dua kali selama bulan September-Desember 2023 ini digelar di halaman kantor Kemenpora.

Sesuai program direktif Menteri Pemuda dan Olahraga, agenda ini dimaksudkan untuk mengapresiasi dan memberikan ruang seluas mungkin kepada individu dan komunitas untuk mengekspresikan bakat terbaik mereka.

"Pesta prestasi merupakan ajang pencarian bakat dalam berbagai bidang seni dan kreativitas yang diadakan secara rutin oleh Kemenpora. Kegiatan ini melibatkan praktisi bisnis hiburan yang berperan sebagai juri dan mentor," kata Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Prof. Dr.H.M.Asrorun Ni'am Sholeh kepada awak media, Sabtu (30/9).

Sholeh menambahkan, penyelenggaraan Pesta Prestasi juga menjadi ajang pencarian bakat dalam berbagai bidang seni dan kreativitas yang diadakan secara rutin. 

"Selain mencari bakat terbaik, kami juga membuka ruang yang luas bagi berbagai komunitas untuk berkumpul dan berbagi inspirasi dalam Pesta Prestasi. Kami berharap komunitas kepemudaan ini dapat menjadi ruang inkubasi bagi pemuda untuk mengembangkan keterampilan dan bakat mereka dalam bidang yang mereka minati," urainya.

Pihaknya berharap bahwa kegiatan ini akan mempromosikan kolaborasi antara pelaku industri kreatif, komunitas, sektor swasta, dan pemerintah dalam mewujudkan visi bangsa menuju masa depan yang lebih baik. 

"Mari kita manfaatkan kesempatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama dalam membangun bangsa," imbuhnya. 

Kegiatan ini, lanjut Sholeh, dapat memperkuat gotong royong antara para pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi, private sektor dan pemerintah. 

Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk menjadikan Kemenpora sebagai rumah pemuda Indonesia. Semua anak muda berhak mewujudkan prestasinya yang selalu kreatif dengan berpedoman 'prestasi yes frustasi no' menjadi salah satu pandangan anak muda melalui bakat dan minat melalui kompetisi kreativitas anak muda seperti ini," tutupnya.

Acara Pesta Prestasi dibuka langsung oleh Deputi 1 Bidang Pemberdayaan Pemuda Prof. Dr.H.M.Asrorun Ni'am Sholeh. Hadir di pembukaan, Dr. Raden Isnanta, M.Pd, Deputi 2 Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Staf Ahli Bidang hubungan Pusat dan Daerah, Dr. Dwijayanto Sarosa Putra, Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kemandirian Pemuda Kemenpora. Tri Winarno dan para staf di Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora. 

Acara ini dibuka dengan penampilan Performance APZ Boys, Garten Tone (Komunitas Biola) Tarian Gama Gandrung, Penampilan Music Gitars, Edo Widiz dari Grup Band Vodoo Indonesia dan Talkshow Mikha Tambayong serta berbagai Komunitas dan Komunitas Otomotif bersama Bingky.

Berikut Rincian Kegiatan ini dilaksanakan sebagai berikut:

1. Volume 1 - Ride on Music 30 September - 1 Oktober 2023

2 Volume 2 – Styletography 6-7 Oktober 2023

3 Volume 3 - Groove Revolution 20-21 Oktober 2023

4 Volume 4 - Digibot Art 3-4 November 2023

5 Volume 5 - Kita Bercerita 17-18 November 2023

6 Acara Puncak Pesta Prestasi Ngedadak Ngartis 15-16 Desember 2023