Gelar Sispamkota, Polres Bangkalan Siapkan Personel Amankan Pemilu 2024

Simulasi pengamanan pemilu di Bangkalan
Simulasi pengamanan pemilu di Bangkalan

Menjelang pelaksanaan pemilu 2024, Kepolisian Resor Bangkalan terus mempersiapkan diri untuk menciptakan suasana kesiapsiagaan pemilu. Pada Senin (16/10/2023) Polres Bangkalan menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota).


Giat Sispamkota digelar Lapangan Apel Mapolres Bangkalan. Acara dipimpin langsung oleh Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya. Kegiatan simulasi tersebut merupakan kolaborasi antara TNI, Polri, Pemkab, Satpol PP, KPU dan Bawaslu 

Dalam sambutannya, AKBP Febri Isman Jaya, menyampaikan pentingnya Sispamkota. Pelaksanaan simulasi ini sebagai bukti komitmen negara dalam menjamin keamanan Pemilu 2024, khususnya di Kabupaten Bangkalan. 

"Apa yang kita simulasikan hari ini adalah situasi ril yang ada di lapangan, simulasi ini sebagai upaya antisipasi dalam mencegah kemungkinan masalah yang terjadi pada saat Pemilu nanti " ujar Kapolres.

Disamping itu, Sispamkota dilakukan dengan tujuan mempersiapkan personel dalam menghadapi situasi, sehingga dapat mengambil tindakan antisipatif terhadap berbagai kemungkinan yang dapat terjadi saat pengamanan Pemilihan Umum 2024. 

"Dengan adanya simulasi Sispamkota, diharapkan personel yang terlibat dalam pengamanan Pemilu akan lebih siap dalam menangani berbagai situasi yang mungkin timbul," kata AKBP Febri. 

Kapolres Bangkalan, alumnus Akpol tahun 2003 ini berharap, dari dilaksanakan simulasi kerja sama antar lembaga tersebut dapat menciptakan Pemilu 2024 di Kabupaten Bangkalan, berlangsung dengan aman, damai, dan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang sehat dan adil.