Calon Kepala Desa Pilkades Tahap 3 Bangkalan 2023, Kompak Deklarasi Damai

Deklarasi damai Pilkades Bangkalan
Deklarasi damai Pilkades Bangkalan

Para calon kepala desa peserta Pilkades Serentak Tahap 3 2023 Bangkalan, sebanyak 44 orang dari 14 desa di 10 wilayah kecamatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Bangkalan menggelar deklarasi damai. Acara bertempat di Pendopo Agung, Rumah Dinas Bupati Bangkalan, Kamis (19/10/2023)


Pembacaan ikrar damai dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Taufan Zairinsyah, disaksikan Forkopimpa, Organisasi Pembantu Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan, TFKD, dan P2KD desa peserta. 

Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan, Arief Moelia Edie pada kesempatan wawancara, dia mengajak semua pihak untuk bekerja sama menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran pelaksanaan pilkades.

Dia menambahkan pilkades ini dilaksanakan bukan untuk hal kepentingan diri pribadi, melainkan kepentingan bersama untuk masyarakat. Maka oleh karena itu kata dia, dilaksanakan deklarasi damai. Dia mengingatkan kepada masyarakat untuk tak meributkan siapa pun kades yang terpilih nantinya. Bahkan Pj Bupati mencontohkan bagaimana hubungan Presiden Jokowi dengan saingan politiknya, Prabowo, yang kemudian menjadi mentrinya.

"Jadi supaya semuanya nyaman, tidak ada lawan, semuanya keluarga. Siapa pun yang menang berarti terpilih diridloi Alloh SWT. Yang nggak hayuk bersama berkolaborasi memimpin desa tersebut" ucap Pj Bupati Bangkalan.

Dalam upaya menjamin keamanan Pilkades Tahap 3 ini. Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, mengatakan akan menerjunkan personel dengan jumlah yang sama di wilayah kecamatan yang desanya melaksanakan pilkades.

"Pemetaan keamanan dari 14 desa ini sama semuanya. Nggak ada yang dibeda-bedakan, tetap sama. Pendekatan personelnya sama juga," tegas Kapolres Bangkalan.

Selain itu kata dia, juga melakukan pendekatan persuasif, meminta kepada para calon kades untuk dapat membantu menciptakan kondusifitas di tengah warganya. 

Beber AKBP Febri Isman Jaya, personel yang dilibatkan nanti tidak hanya dari Polres Bangkalan, tapi dibantu dari Polres Sampang, Pamekasan, Sumenep, Brimob Polda Jatim. Mobilisasi pasukan mulai akan dilakukan tanggal 24, H -1 pelaksanaan pilkades.