Indonesia Masters Super 100 Siap Digelar Mulai Besok, Gubernur Khofifah: Ayo Ramaikan Jangan Sampai Kehabisan Tiket

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat luas untuk turut meramaikan dan menyaksikan gelaran Indonesia Masters Super 100 yang digelar di Jatim International Expo Convention Surabaya mulai besok 24 Oktober 2023 hingga 29 Oktober 2023 mendatang.


Dikatakannya, warga Jatim harus turut berbangga lantaran Jatim ditunjuk sebagai tuan rumah digelarnya turnamen bulutangkis tingkat dunia. Tidak tanggung-tanggung akan ada 241 pemain dari 15 negara yang akan bertanding dalam Indonesia Masters 100 2023 kali ini.

"Alhamdulillah sesuai dengan Kalender Turnamen Badminton World Federation (BWF), Pengurus Pusat PBSI kembali menunjuk Pengurus Provinsi PBSI Jawa Timur menyelenggarakan kejuaraan bulutangkis internasional, Indonesia Masters Super 100," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Senin (23/10/2023). 

"Ini merupakan kali kedua Jatim dipilih menjadi tuan rumah. Tentu ini sebuah kebanggaan dan peluang. Dengan datangnya tamu dari berbagai negara, akan turut menjadi ajang mempromosikan Jatim dan pengungkit ekonomi Jatim," lanjutnya. 

Bahkan guna mendukung acara ini, Gubernur Khofifah secara khusus menjamu para pemain dalam Gala Dinner Pembukaan Kejuaraan Bulutangkis Internasional 'Indonesia Masters-BWF Tour Super 100' di Gedung Negara Grahadi Senin (23/10) malam. 

Lebih lanjut Khofifah menjelaskan para peserta Indonesia Masters Super 100 datang dari berbagai negara. Rincinya yaitu dari Australia, Inggris, Prancis, Hong Kong, India, Jepang (32 pemain), Korea (18), Malaysia (53), Myanmar, Nigeria, Sri Lanka, Thailand (30), Chinese Taipei (20), Amerika Serikat. Sedangkan Indonesia sebagai tuan rumah menerjunkan  67 pemain.

Turnamen ini sangat presitisius karena memperebutkan total hadiah total USD 100.000 atau sekitar Rp1,5 miliar. Selain itu juga menyediakan poin rangking BWF. Dimana sang juara mendapat 5.500 poin, runner up 4.680 poin, dan semifinalis 3.850 poin.

Ajang ini pun dipastikan akan berlangsung sengit. Persaingan bisa dilihat dari nama-nama pemain yang datang ke Kota Pahlawan. Pemain yang hadir juga dipastikan lebih berkualitas dan memiliki peringkat dunia. 

Misalnya, di tunggal putra ada Su Li Yang, pemain peringkat 36 dunia asal Chinese Taipei, Takuma Obayashi (Jepang/41 dunia), Jeon Hyeok Jin (Korea/49), atau Mithun Manjunath pemain rangking 56 dunia yang sempat membela India di Asian Games Hangzhou, China lalu.

Sementara di tunggal putri ada Sim Yu Jim, unggulan pertama asal Korea sekaligus juara turnamen pekan lalu, Riko Gunji (unggulan kedua dari Jepang), Thet Htar Thuzar (unggulan ketiga asal Myanmar). Sementara andalan tuan rumah, Ester Nurumi Tri Wardoyo, unggulan keempat.

Bahkan, peraih medali perak ganda campuran Olimpiade Rio de Janeiro 2016 asal Malaysia, Chan Peng Soon juga datang menambah panas persaingan. Kali ini ia akan tampil bareng pasangan barunya, Cheah Yee See.

"Untuk itu pada masyarakat Jatim, mari turut meramaikan kegiatan ini. Datang berbondong-bondong ke Jatim Expo bawa teman dan anggota keluarga. Tempatnya sangat nyaman dan mampu menampung 2.000 orang penonton," ajaknya.

Untuk tiketnya dibandrol dengan harga Rp 50.000 untuk Babak Penyisihan, sedangkan untuk babak semifinal dibanderol Rp 75.000 per tiket. 

Di akhir, Khofifah berharap seluruh elemen bisa mendukung dan menyukseskan gelaran ini. Bahkan ia optimis bahwa Indonesia Masters Super 100 ini akan mendatangkan multiplier effect bagi banyak sektor di Jatim.

"Bagi masyarakat Jatim, tunggu apa lagi, segera akses  tiketnya jangan sampai kehabisan," katanya.

"Dan untuk seluruh atlet dan official, saya ucapkan semangat bertanding. Dan jangan lupa cicipi kuliner dan berbagai wisata yang ada di Jatim," pungkasnya.