Pemkab Bondowoso Hibahkan Dana untuk KPU dan Bawaslu Bondowoso, Berikut Nominalnya

Foto : Proses penandatanganan NPHD Bondowoso/ist
Foto : Proses penandatanganan NPHD Bondowoso/ist

Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dari Pemkab Bondowoso untuk pemilu 2024 telah di tandatangani oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, Rabu (8/11). 


Hadir dalam kesempatan tersebut ketua KPU Bondowoso, Junai dan ketua Bawaslu Bondowoso, Nani Agustina untuk proses penandatanganan NPHD tersebut. 

Untuk pemilu 2024, KPU Bondowoso mendapatkan dana sebesar Rp 52.300.000.000 sedangkan Bawaslu Bondowoso sebesar Rp 11.200.000.000 dari Pemkab Bondowoso. 

Penyaluran dana hibah berlangsung dalam 2 tahap, yaitu penyaluran tahap 1 pada tahun 2023 baik KPU maupun Bawaslu menerima sebesar 40% untuk tahap 2 akan diterimakan pada 2024.

PJ Bupati Bondowoso, menyampaikan jika penandatanganan NPHD ini adalah realisasi komitmen dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso dalam mendukung kelancaran pelaksanaan setiap tahapan proses dalam Pemilihan Umun yang akan dilaksanakan serentak secara nasional pada tahun 2024.

“Melalui pemberian dana hibah ini saya berharap seluruh tugas Bawaslu dan KPU Bondowoso dalam penyelenggaraan pemilu 2024 dapat terlaksana dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti, menyelenggarakan pemilihan yang demokratis,” ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Kemudian ia menekankan bahwa dana hibah ini harus dipergunakan secara transparan dan harus didukung dengan administrasi yang tertib sehingga dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya.

"Saya harap anggaran ini bisa dimaksimalkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan,bila ada permasalahan dikoordinasikan sehingga semuanya berjalan dengan damai dan aman," ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Bondowoso,Junaidi menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemkab Bondowoso dan semua instansi terkait dalam tercapainya penandatanganan NPHD ini.

“Alhamdulillah, penandatanganan NPHD telah dilaksanakan pada hari ini. Terima kasih saya ucapkan kepada Bupati beserta jajarannya atas dukungan ini dan kita berharap pemilu nanti akan terselenggara dengan baik," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa anggaran ini sudah dibahas dan disesuaikan dengan kebutuhan pemilu dan dipastikan cukup 

"Total NPHD yang disalurkan ke KPU Bondowoso, yakni sebesar 52,3 miliar rupiah dan ini kita rasa cukup sesuai dengan kebutuhan," tambahnya.

Pihaknya sangat berterima kasih dan mengapresiasi dukungan penuh anggaran Pilkada dari Pemkab Bondowoso.

"Setiap 1 sen yang kami terima, akan kami pertanggungjawabkan penggunaan anggarannya. Dan ini semua akan kita gunakan dalam setiap tahapan-tahapan pemilu agar tercipta pemilu yang adil, jujur, dan lancar di Bondowoso, namun memang yang terbesar adalah anggaran gaji badan Ad-hoc," pungkasnya. (Adv)