Gandeng Dunia Usaha dan Industri, Unsoed Gelar Job Fair 2023

Rektor Unsoed Prof. Akhmad Sodiq saat mengunjungi salah satu stand di Job Fair Unsoed 2023/RMOLJateng
Rektor Unsoed Prof. Akhmad Sodiq saat mengunjungi salah satu stand di Job Fair Unsoed 2023/RMOLJateng

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menggelar Job Fair 2023, bersinergi dengan dunia usaha dan industri. Kegiatan yang mengangkat tema “Future Ready Career” bertempat di Auditorium Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed, berlangsung selama dua hari (7 – 8 November 2023). 


Ketua Unsoed Career Portal, Dr. Ratna Stia Dewi mengatakan, tujuan diselenggarakannya Job Fair 2023 ini yaitu memfasilitasi alumni Unsoed untuk mendapatkan pekerjaan, memfasilitasi kalangan dunia usaha untuk mendapatkan SDM sesuai kebutuhan, dan membangun hubungan sinergis Unsoed dengan dunia usaha dalam penyediaan SDM lulusan.

“Job fair berhasil menghadirkan 55 perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan, melebihi target kami yang sebanyak 50 booth. Tercatat lebih dari 2.850 peserta terdaftar untuk acara ini, yang melebihi target awal kami 1.000 peserta,” ungkap Ratna, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (8/11).

Dia berharap melalui kegiatan ini bisa menjadi jembatan yang menghubungkan para lulusan berkualitas dengan perusahaan-perusahaan penerima kerja.

“Kami yakin bahwa lulusan kami adalah individu-individu yang berkualitas, berpengalaman, dan berdaya saing. Mereka telah terbukti melalui berbagai kegiatan seperti BKP Kompetisi Kampus Merdeka dan program MBKM lainnya,” jelas Ratna.

Sementara itu, Rektor Unsoed Prof. Akhmad Sodiq mengatakan salah satu indikator kinerja suatu perguruan tinggi adalah bagaimana masa tunggu kerja lulusannya tidak lebih dari enam bulan, gaji 1,2 kali dari upah minimum provinsi atau memilih berwirausaha, atau melanjutkan studi lanjut.

Menurut dia, cara berfikir perguruan tinggi tidak lagi sebatas mempersiapkan lulusan yang memiliki banyak pengetahuan atau keilmuan semata, melainkan juga memiliki sikap mental dan keterampilan yang mampu menjadikannya sebagai pribadi unggul dan berdaya saing.  

“Termasuk diantaranya adaptif dan komunikatif, agar dapat diterima, bertahan dan mengembangkan kapasitas dirinya, di mana pun berada,” kata Rektor Unsoed.

“Unsoed meyakini bahwa penyiapan masa depan, tidaklah dimulai dari hilirnya saja melainkan dimulai dari hulu.  Untuk itu, kami mengapresiasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni beserta jajarannya di universitas maupun di fakultas yang telah mendesain hal tersebut sejak dari awal,” pungkasnya.