7 Tempat Kuliner di Medan yang Enaknya Melegenda

Kedai Kopi Apek/Ist
Kedai Kopi Apek/Ist

Medan bisa dikatakan sebagai kota yang begitu menarik. Bukan tanpa alasan, penduduknya yang berasal dari bermacam suku dan etnis membuat kota ini kental dengan sejarah dan budaya. 


Hal ini pun terlihat pada aspek pariwisatanya, salah satunya adalah ragam kuliner. Tak heran jika kuliner Medan sangat kaya rasa.

Berkunjung ke Medan sebenarnya mudah. Misalnya, Anda bisa membeli tiket Jakarta-Medan dengan harga yang terjangkau dan beragam pilihan maskapai. Bahkan, sekarang melakukan refund dan reschedule jauh lebih mudah, bisa secara online melalui aplikasi Traveloka.

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Medan tanpa mencicipi rasa otentik kulinernya. Jika Anda butuh rekomendasi, berikut ini beberapa tempat terbaik yang bisa dikunjungi:

Sate Memeng

Rekomendasi pertama cocok untuk penyuka sate. Warung Sate Memeng menjadi salah satu kedai satai paling populer dan tak boleh Anda lewatkan. Menu satai yang ditawarkan di sini tidak sama dengan warung satai pada umumnya. 

Bumbunya sangat khas dan enak di lidah. Selain itu, tersedia berbagai jenis daging yang bisa Anda pilih. Mulai dari ayam, sapi, hingga kambing yang pastinya kelezatannya tiada duanya.

Soto Sinar Pagi

Kuliner selanjutnya adalah Soto Sinar Pagi, kedai soto di Medan yang paling terkenal. Kuliner ini memiliki kuah kuning kental dengan rasa yang begitu otentik. Potongan dagingnya juga bisa disebut besar, pastinya pas untuk porsi makan yang membuat perut kenyang. 

Kalau Anda ingin mencoba kelezatan hidangan satu ini, bisa langsung datang ke warung Soto Sinar Pagi yang beralamat di Jalan Sei Deli No. 2D, Medan Barat.

Kedai Kopi Apek

Anda penyuka kopi? Jika iya, jangan lupa untuk singgah dan mencicipi kelezatan kopi khas Medan di Kedai Kopi Apek. Soal kopi, tidak ada yang lebih direkomendasikan selain kedai kopi satu ini. Alamatnya di Jalan Hindu No. 37, kedai yang sudah ada sejak tahun 1922 ini masih tetap eksis sampai sekarang. 

Selain kopinya yang sangat enak, kedai ini juga diusung dengan desain vintage yang begitu unik dan menarik. Pastinya, Anda seperti merasa bernostalgia ketika memasukinya.

Ucok Durian

Selain itu, Medan juga sangat populer dengan buah duriannya yang rasanya sangat lezat. Anda tentunya bisa dengan mudah menemukan berbagai kedai dengan menu khas durian yang melegenda. Namun, tak ada yang lebih enak ketimbang Ucok Durian.

Kedai ini beralamat di Jalan KH. Wahid Hasyim No. 30. Hal lain yang membuat kedai ini tak boleh Anda lewatkan adalah buah durian yang selalu ada dan bisa Anda nikmati setiap harinya. Bahkan, buah durian Ucok selalu terjamin kesegarannya yang pastinya tidak membuat Anda menyesal.

Bihun Asie Kumango

Berlokasi di Jalan Kumango, Anda bisa melanjutkan menikmati kuliner khas Medan lainnya, yaitu Bihun Asie Kumango. Menu bihun bebek yang ditawarkan di kedai ini punya rasa yang luar biasa enak sehingga menjadi pilihan masyarakat lokal dan wisatawan yang datang. 

Selain itu, menu bihun di kedai ini juga diolah dengan cara yang tidak asal. Ditambah lagi dengan racikan bumbu serta kuah kaldunya yang semakin menguatkan rasa olahan satu ini. Harga untuk satu porsi menu bihun bebek di kedai Asie Kumango memang cukup tinggi, yaitu Rp60 ribu. Namun, Anda tidak akan menyesal pernah mencicipi kuliner satu ini saat ke Medan. 

Lontong Kak Lin

Rekomendasi kuliner Medan lainnya ada di Lontong Kak Lin yang menawarkan menu legendaris lontong Medan. Lokasinya ada di depan SMA 1 Medan dan sudah buka sejak pukul 06.00. Jika diperhatikan sekilas, menu ini memang mirip dengan menu lontong sayur yang umum Anda jumpai. Akan tetapi, Anda baru merasakan perbedaan keduanya ketika telah menyantapnya. 

Tak hanya lontong Medan yang melegenda, Anda juga bisa mencicipi aneka menu lain di kedai ini. Mulai dari nasi gurih sampai pecel yang rasanya tak kalah lezatnya. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkannya, ya! 

Martabak Yurich

Mencari kudapan malam untuk teman bersantai? Rekomendasi terbaik di Medan adalah martabak Yurich. Memang benar, Anda bisa dengan mudah menikmati camilan satu ini di mana saja. Namun, ketika Anda berkunjung ke Medan, martabak Yurich tidak boleh ketinggalan. 

Menu martabak di sini dibuat dari bahan yang kualitasnya tidak perlu Anda ragukan. Tak heran jika rasanya memang sangat nikmat. Selain itu, topping yang ditawarkan juga sangat banyak variasinya, dijamin membuat Anda penasaran ingin mencoba semuanya. Bahkan, salah satunya adalah topping buah yang membuat menu martabak di sini tidak sama dengan lainnya. 

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat kuliner enak di Medan yang bisa Anda kunjungi saat berada di Medan. Jadikan liburan dan kunjungan Anda di kota ini selalu mengesankan dengan banyaknya pilihan kuliner yang sangat memanjakan perut dan lidah.