Ribuan Umat Islam di Bangkalan Gelar Aksi Solidaritas Bela Palestina

Aksi solidaritas umat Islam di Bangkalan untuk Palestina/RMOLJatim
Aksi solidaritas umat Islam di Bangkalan untuk Palestina/RMOLJatim

Ribuan umat Islam memadati Alun-alun kota Bangkalan, Minggu (26/11). Mereka berkumpul menggelar aksi bertajuk "Solidaritas Rakyat Bangkalan, Aksi Akbar Bela Palestina" sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan warga Palestina.


Acara doa bersama ini dihadiri oleh para ulama, pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan, dan para santri dari seluruh Kabupaten Bangkalan.

Bahkan, Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief Moelya Edie juga terlihat hadir di panggung acara, menunjukkan dukungan pemerintah setempat terhadap aksi tersebut.

Dalam orasinya, Kiai Kholid Mahsus, pengasuh Pondok Pesantren Sebaneh, dengan penuh semangat menyampaikan pesan dukungan umat Islam Indonesia kepada warga Palestina.

Kiai Kholid Mahsus juga mengajak jemaah yang hadir untuk bersama-sama mempertahankan perjuangan membela Palestina.

"Masyarakat Bangkalan sampai detik ini masih tetap setia, masih tetap gigih, dan masih tetap kukuh untuk membela masyarakat di Palestina," seru Kiai Kholid Mahsus.

Dia menegaskan bahwa membela Palestina bukan hanya menjadi kewajiban umat Islam, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia.

Kiai Kholid mengacu pada Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam Undang-Undang 1945, yang menegaskan bahwa semua bentuk penjajahan di dunia harus dihapuskan karena bertentangan dengan prinsip kemanusiaan dan keadilan.