Jaga Kelestarian Budaya, Disbudparpora Lakukan Konservasi 

Foto : Petugas saat melakukan konservasi di Museum Airlangga kota Kediri
Foto : Petugas saat melakukan konservasi di Museum Airlangga kota Kediri

Dinas Kebudayaan dan pariwisata penudan dan olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri melakukan Kajian konservasi. 


Kajian konservasi adalah proses penelitian dan analisis yang dilakukan untuk memahami, melindungi, dan memperbaiki kondisi koleksi budaya atau warisan budaya tertentu. Kajian konservasi bertujuan untuk menjaga keaslian, keutuhan, dan nilai-nilai budaya dari koleksi tersebut.

Kajian konservasi koleksi dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri. Pemerintah Kota Kediri bekerja sama dengan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Trowulan Mojokerto.

Kegiatan kajian konservasi ini melibatkan penelitian dan analisis terhadap koleksi budaya yang dimiliki oleh Museum Airlangga di Kota Kediri. Hasil dari kajian ini kemudian akan ditindaklanjuti dengan melakukan proses konservasi terhadap koleksi-koleksi tersebut.

Proses konservasi melibatkan berbagai teknik dan metode untuk menjaga, memperbaiki, dan memulihkan kondisi fisik dan nilai-nilai budaya dari koleksi tersebut. Para juru pelihara koleksi di Museum Airlangga akan bertanggung jawab dalam melaksanakan proses konservasi ini.

"Dengan melakukan kajian konservasi dan mengkonservasi koleksi-koleksi budaya, Pemerintah Kota Kediri berupaya untuk menjaga dan melindungi warisan budaya yang dimiliki oleh daerah tersebut agar tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang, Kata Kepala Disbudparpora Kota Kediri Zachrie Ahmad, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (12/12). 

Zachrie juga menambahkan, bahwa konservasi yang dilakukan ini, agar dapat nanti kedepannya bisa tetap dikenal oleh generasi muda saat ini.(adv)