RS Bunda Morula Surabaya Sukses Raih Akreditasi Internasional Pertama di Indonesia dalam Bidang Fertilisas

RS Bunda Morula raih akreditasi internasional
RS Bunda Morula raih akreditasi internasional

Bunda Morula Surabaya merupakan Rumah Sakit pertama di Surabaya yang berhasil meraih akreditasi Internasional.


Penilaian akreditasi dilakukan oleh Lead Auditor dari Certification partner Global (CPG) Australia for RTAC Accreditation, yaitu Mrs. Rhonda Williams selama 2 hari, yakni 15 - 16 Desember 2023.

 “As we go through the RTAC audit, we're confident that our hospital meets the highest standards. We eagerly anticipate the insights and recommendations from Ms. Rhonda Williams and the RTAC team. We are confident that this process will contribute to our ongoing commitment to excellence," kata dr. Betti Hariani, MM selaku Direktur Bunda Morula Surabaya, Jumat, (15/12).

Penilaian Akreditasi dilakukan langsung oleh Mrs Rhonda Williams, selaku Lead Auditor dari Certification partner Global (CPG) Australia for RTAC Accreditation kepada Bunda Morula Surabaya karena telah memenuhi standard yang ditetapkan oleh RTAC.

Menurutnya, proses akreditasi ini merupakan bukti komitmen Bunda Morula Surabaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan inovatif dalam bidang Fertilitasi In Vitro (IVF). 

Dengan akreditasi internasional  Bunda Morula Surabaya mengukuhkan posisinya sebagai pusat terkemuka untuk pasangan yang mencari solusi dalam perjalanan mereka menuju kehamilan. 

"Persiapan ini sudah dilakukan selama 5 bulan lamanya dan sekarang berjalan dengan lancar. Tentunya Rumah Sakit ini akan selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien dan Masyarakat khususnya dalam bidang fertilitas." kata Dr Nanang Rudianto Widodo, SpOG, Subsp. FER, selaku kepala Dokter Obgyn dan Kepala Teknik Reproduksi Berbantu (TRB) Bunda Morula Surabaya.

Setelah menjalani persiapan dan serangkaian penilaian ketat dari pihak Certification partner Global (CPG), proses akreditasi internasional ini adalah hasil dari upaya kolektif dari tim Bunda Morula Surabaya yang berdedikasi dalam berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi terbaru dan mematuhi standar internasional dalam memberikan perawatan yang aman dan efektif bagi para pejuang dua garis.

Hadirnya Bunda Morula Surabaya sebagai advanced fertility & IVF Facility Hospital di Surabaya dan sekitarnya, dengan layanan utama adalah Program IVF alias bayi tabung dan Intrauterine insemination (IUI) atau inseminasi buatan. Serta didukung tindakan penunjang lainnya seperti laparoscopy, hysteroscopy, konsultasi urologi, andrologi, psikologi, akupuntur, terapi adjuvant, PRP ovarium dan endometrium, serta tindakan penunjang lainnya.

Termasuk tindakan penunjang program IVF (In Vitro Fertility) seperti Pre-Implamantation Genetic Testing for Aneuploidy (PGT-A) dan Pre Implantation Genetic Testing for Monogenic (PGT-M) untuk mendeteksi masalah kromosom pada embrio untuk memperbesar peluang kehamilan dan mencegah resiko terjadinya keguguran.

Morula IVF Indonesia merupakan bagian dari Bundamedik Healthcare System yang fokus dalam pengembangan klinik fertilitas “Morula IVF” di Indonesia. 

Dalam pengembangannya,  pada tahun 1997 Bundamedik Healthcare System, mendirikan Klinik Fertilitas Morula yang saat ini telah berganti nama menjadi Morula IVF Jakarta, telah menjadi salah satu klinik fertilitas terbesar di Indonesia dengan peningkatan pasien yang mengikuti program Bayi Tabung semakin bertambah setiap tahunnya dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 30% pertahun.

Menyadari betapa tingginya kebutuhan akan pelayanan program fertilitas yang berstandar baik dan menghasilkan outcome yang baik, maka Bundamedik Healthcare System berkomitmen untuk terus mengembangkan klinik-klinik fertilitas Morula IVF di Indonesia di bawah payung “Morula IVF Indonesia”, yang hingga kini telah ada 10 klinik Morula IVF (Morula IVF Jakarta, Morula IVF Ciputat, Morula IVF Tangerang, Morula IVF Margonda, Morula IVF Melinda Bandung, Morula IVF Padang, Morula IVF Pontianak, Morula IVF Yogyakarta dan Morula IVF Makassar) serta pengembangan fasilitas baru Bunda Morula Surabaya & Bunda Morula Nusa Dua.

Bunda Morula Surabaya  hadir menyediakan fasilitas Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB) secara lengkap dan terpadu, terutama program bayi tabung (IVF) dan Intrauterine insemination (IUI) atau inseminasi buatan, serta didukung dengan teknologi Pre-implantation Genetic Testing for Aneuploidy (PGT-A), Preimplantation Genetic Testing for Monogenic Diseases (PGTM), ruang konsultasi dokter, ruang operasi khusus tindakan OPU (ovum pick up), ET (embryo transfer), maupun tindakan operatif lainnya. Selain itu, layanan pendukung program bayi tabung (IVF) lainnya, seperti laparoscopy, hysteroscopy, konsultasi urologi, andrologi, psikologi, akupuntur, terapi adjuvant, PRP ovarium dan endometrium, serta tindakan penunjang lainnya.

 Bunda Morula Surabaya berhasil mencetak sejarah sebagai Fertility Hospital di Jawa Timur dengan meraih akreditasi internasional dari The Reproductive Accreditation Committee (RTAC) yang merupakan komite akreditasi bidang teknologi reproduksi berbantu (TRB) yang dibentuk oleh Fertility Society Of Australia (FSA). Komite Akreditasi Internasional ini memberikan penilaian langsung kepada Bunda Morula Surabaya. Mrs. Rhonda Williams, Lead Auditor dari Certification partner Global (CPG) Australia for RTAC Accreditation, memberikan apresiasi atas pemenuhan standar yang ditetapkan oleh RTAC.

Komitmen Bunda Morula Surabaya dalam memberikan pelayanan berkualitas dan berkomprehensif kepada pasangan yang berjuang untuk memiliki buah hati terbukti melalui prestasi ini.

Dr. Nanang Rudianto Widodo, Sp.OG, Subsp. F.E.R, selaku kepala Dokter Obgyn dan Kepala TRB Bunda Morula Surabaya, menyatakan, proses akreditasi berlangsung selama 2 hari pada tanggal 15 & 16 Desember 2023 dan berjalan dengan lancar. 

"Bunda Morula Surabaya akan selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat khususnya dalam bidang fertilitas." katanya. 

Bunda Morula Surabaya sebagai advanced fertility & IVF Facility Hospital di Surabaya dan sekitarnya, dengan layanan utama adalah Program IVF alias bayi tabung dan Intrauterine insemination (IUI) atau inseminasi buatan. Termasuk tindakan penunjang program IVF (In Vitro Fertility) seperti Pre-Implamantation Genetic Testing for Aneuploidy (PGT-A) dan Pre-Implantation Genetic Testing for Monogenic (PGT-M) untuk mendeteksi masalah kromosom pada embrio untuk memperbesar peluang kehamilan dan mencegah resiko terjadinya keguguran. Serta didukung tindakan penunjang lainnya seperti laparoscopy, hysteroscopy, konsultasi urologi, andrologi, psikologi, akupuntur, terapi adjuvant, PRP ovarium dan endometrium, serta tindakan penunjang lainnya.